Analisis Hukum Ekonomi Syariah Terhadap Akad Murabahah Dalam Pembiayaan Online Syariah (Studi Kasus Di PT. Duha Madani Syariah)

Yunika, Bella (2023) Analisis Hukum Ekonomi Syariah Terhadap Akad Murabahah Dalam Pembiayaan Online Syariah (Studi Kasus Di PT. Duha Madani Syariah). Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
skripsii bella yunikaa...8.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Skripsi ini berjudul Analisis Hukum Ekonomi Syariah Terhadap Akad Murabahah Dalam Pembiayaan Online Syariah (Studi Kasus di PT. Duha Madani Syariah), berfokus pada produk utama yang ditawarkan Lembaga Keuangan Syariah kepada masyarakat adalah murabahah karena sedikitnya resiko dalam aplikasinya. Namun aplikasi murabahah menimbulkan banyak kritik di kalangan masyarakat bahwa pembiayaan online syariah sering disebut sebagai “pinjaman murabahah” karena murabahah mendominasi dan modifikasi pada aplikasi murabahah yang dianggap sama seperti kredit pada seperti bank konvensional. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kepustakaan. Metode yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan studi literatur, serta menggunakan data sekunder yang bersumber dari skripsi, jurnal, dan website lembaga terkait. Kemudian disimpulkan secara deduktif yaitu menarik suatu kesimpulan dari yang umum ke khusus, sehingga hasil penelitian ini dapat di pahami dengan mudah. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa dalam akad murabahah yang ada pada pembiayaan online syariah menjadikan aplikasi duha syariah sebagai penyedia dana bukan sebagai penjual, Modifikasi akad murabahah meliputi akad murabahah yang mengikat nasabah sebelum aplikasi tersebut memiliki barang yang diinginkan nasabah, penerapan murabahah dalam produk pembiayaan online syariah tersebut adalah konsisten terhadap fiqih muamalah. sedangkan pembayaran dilakukan aplikasi langsung kepada penjual pertama, aplikasi tersebut melakukan perjanjian murabahah dengan nasabah, dan pada saat yang sama mewakilkan (akad wakalah) kepada nasabah untuk membeli sendiri barang yang akan dibelinya. Hal ini sudah sesuai dengan akad murabahah dan tidak menyimpang dari prinsip syariah yang dianut dalam pembiayaan online syariah tersebut. Menurut Hukum Ekonomi Syariah tentang Murabahah yang mana tambahan yang diperoleh oleh duha syariah bukan merupakan riba melainkan keuntungan yang diperoleh oleh duha syariah dari jual beli murabahah.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Akad Murabahah, Pembiayaan Online Syariah, Hukum Ekonomi Syariah.
Subjects: 000 Komputer, Informasi, dan Referensi Umum > Bibliografi
000 Komputer, Informasi, dan Referensi Umum > Perpustakaan dan Ilmu Informasi, Kearsipan
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Mu'amalah)
Depositing User: BELLA YUNIKA 1930104158
Date Deposited: 18 Oct 2023 07:31
Last Modified: 18 Oct 2023 07:31
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/31776

Actions (login required)

View Item View Item