TINJAUAN HUKUM EKONOMI SYARIAH TERHADAP PRAKTIK PENJUALAN BARANG DALAM KEMASAN TERBUNGKUS MENJADI KADO (STUDI PADA PASAR KERTAPATI PALEMBANG)

Efriani, Irma (2023) TINJAUAN HUKUM EKONOMI SYARIAH TERHADAP PRAKTIK PENJUALAN BARANG DALAM KEMASAN TERBUNGKUS MENJADI KADO (STUDI PADA PASAR KERTAPATI PALEMBANG). Undergraduate Thesis thesis, Uin Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_IRMA_FIKS_2023 kes.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul TINJAUAN HUKUM EKONOMI SYARIAH TERHADAP PRAKTIK PENJUALAN BARANG DALAM KEMASAN TERBUNGKUS MENJADI KADO (STUDI PADA PASAR KERTAPATI PALEMBANG) dengan latar belakang masalah pada Pasar Kertapati Palembang, yaitu banyaknya jual beli barang yang telah terbungkus dalam bentuk kado, yang isinya tidak diketahui oleh pembeli. Sistem jual beli seperti ini diduga kuat tidak sesuai dengan prinsip jual beli yang menghendaki kejelasan dari objek atau barang yang diperjual belikan. Karena itu peneliti memandang ini adalah sebuah permasalahan yang secara ilmiah layak diteliti. Adapun rumusan masalah di Pasar Kertapati Palembang banyak jual beli barang dalam kemasan terbungkus menjadi kado yang mungkin akan terjadinya kerugian akibat pembeli tidak mengetahui apakah benda yang ada dalam kemasan terbungkus menjadi kado aman tanpa cacat. Rumusan masalah dalam skripsi ini pertama, Bagaimana Praktik Penjualan Barang Dalam Kemasan Terbungkus Menjadi Kado di Pasar Kertapati Palembang, Kedua, Bagaimana Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah Terhadap Praktik Penjualan Barang Dalam Kemasan Terbungkus Menjadi Kado di Pasar Kertapati Palembang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) yang mengkaji dinamika keadaan serta fenomena yang lebih jelas. Jenis data dalam penelitian ini bersifat kualitatif. Sumber data yang diambil dalam penelitian ini adalah data Primer, data Sekunder dan data Tersier. Subjek penelitian ini diambil dari data responden dari pembeli dan penjual. Lokasi penelitian di lakukan di Pasar Kertapati Palembang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu data yang telah terkumpul, dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif analisis. sistematika penulisan ini terdiri dari 5 (Lima) Bab, tiap Bab berisi uraian pembahasan mengenai topik permasalahan yang berbeda akan tetapi merupakan kesatuan yang saling berhubungan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jual beli barang dalam kemasan terbungkus menjadi kado tidak sah karena syarat dalam benda yang di perjual belikan tidak memenuhi syarat yaitu benda yang diperjual belikan dalam jual beli barang dalam kemasan terbungkus menjadi kado tidak jelas atau mengandung unsur gharar. Kata Kunci : Hukum Ekonomi Syariah, Praktik, Barang, Kemasan Terbungkus, Kado

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: IRMA EFRIANI 1651700059
Date Deposited: 27 Oct 2023 01:33
Last Modified: 27 Oct 2023 01:33
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/31990

Actions (login required)

View Item View Item