Penerapan konseling individu dengan menggunakan pendekatan Rasional Emotif Behavior Therapy (REBT) Dalam mengatasi kecemasan berkomunikasi di depan umum pada remaja di desa Tanah abang Kec. BAtang harileko kab. Musi banyuasin

Erisma, Kalara (2023) Penerapan konseling individu dengan menggunakan pendekatan Rasional Emotif Behavior Therapy (REBT) Dalam mengatasi kecemasan berkomunikasi di depan umum pada remaja di desa Tanah abang Kec. BAtang harileko kab. Musi banyuasin. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
caver kalara baru 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB) | Request a copy
[img] Text
ABSTRAK kalara baru 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (146kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 1 kalara.pdf
Restricted to Registered users only

Download (430kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II kalara erisma.pdf
Restricted to Registered users only

Download (554kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III kalara.pdf
Restricted to Registered users only

Download (162kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV kalara.pdf
Restricted to Registered users only

Download (590kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V kalara.pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA kalara baru.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB) | Request a copy
[img] Text
skripsi kalara erisma (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kecemasan berkomunikasi di depan umum merupakan suatu keadaan di mana individu merasakan perasaan yang tidak aman atau merasa tidak menyenangkan dengan diikuti oleh reaksi fisik dan psikis akibat kekhawatiran tidak mampu menyesuaikan atau menghadapi situasi pada saat berbicara di depan umum yang muncul pada saat sebelum atau selama berkomunikasi di depan umum. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui gambaran kecemasan dalam berkomunikasi di depan umum pada remaja sebelum di terapkanya konseling individu, untuk mengetahui pelaksanaan konseling individu dalam kecemasan berkomunikasi di depan umum remaja, dan untuk mengetahui gambaran kecemasan dalam berkomunikasi didepanumumpadaremaja setelah dilakukan konseling individu. Pendekatan penelitian ini adalah pendektan kualitatif dengang metode penelitian deskriptif. Subjek penelitian berjumlah 3 orang remaja.teknik pengumpulam data observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data model Miler dan Hubermen pengumpulan data, penyajian data, dan reduksi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kecemasan dalam berkomunikasi di depan umum pada remaja aspek fisiologis badan gemetar, telapak tangan berkeringat, denyut jantung berdetak semakin cepat, mengenai aspek psikologi kesulitan mengungkapkan kata-kata ketika berbicara, kesulitan dalam menyampaikan pesan secara lancar, dan dari aspek perilaku yaitu jalan-jalan di seputaran ruangan, tidak dapat duduk dalam waktu yang lama. Pelaksanaan konseling dilakukan dengan tiga tahapan yaitu tahap awal,tahap pertengahan, tahap akhir, konseling diberikan sebanyak 6x pertemuan, menunjukan perubahan berkurangnya kecemasan saat berbicara di depan umum, klien sudah bisa mengatasisituasi yang membuatnya gelisahdandapat diredahkandengan mensugestikan dirisendiri semuanya akan baik-baik saja.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: konseling individu, Rasional Emotif Behavior, kecemasan dalam berkomunikasi didepan umum
Subjects: Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: kalara erisma -
Date Deposited: 07 Nov 2023 03:07
Last Modified: 07 Nov 2023 03:31
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/32271

Actions (login required)

View Item View Item