PENDAYAGUNAAN DANA ZAKAT, INFAQ, DAN SEDEKAH (ZIS) UNTUK PROGRAM PENDIDIKAN BEASISWA ANAK NEGERI DI LEMBAGA AMIL ZAKAT NASIONAL YAKESMA SUMATERA SELATAN

ANGGRAINI, TRISNA (2023) PENDAYAGUNAAN DANA ZAKAT, INFAQ, DAN SEDEKAH (ZIS) UNTUK PROGRAM PENDIDIKAN BEASISWA ANAK NEGERI DI LEMBAGA AMIL ZAKAT NASIONAL YAKESMA SUMATERA SELATAN. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
COVER .pdf

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (131kB) | Preview
[img] Text
BAB I .pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (473kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (438kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (129kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (136kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk Untuk Mengetahui Pendayagunaan Dana Zakat, Infaq, Dan Sedekah (ZIS) Untuk Program Pendidikan Beasiswa Anak Negeri Di Lembaga Amil Zakat Nasional Yakesma Sumatera Selatan dan untuk Mengetahui Kendala Dan Solusi Dalam Program Pendidikan Beasiswa Anak Negeri Di Lembaga Amil Zakat Nasional Yakesma Sumatera Selatan. Jenis penelitian yang dilakukan penulis adalah penelitian lapangan (Field Research) dan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Adapun sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Untuk teknik pengumpulan data penulis menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data penulis menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Pendayagunaan zakat, infaq, dan sedekah untuk program pendidikan di Laznas YAKESMA Sumatera Selatan adalah pemberdayaan dengan cara memberikan beasiswa secara langsung yang diberikan kepada orang tuanya untuk membayar SPP. Beasiswa tersebut diberikan kepada kalangan masyarakat yang kurang mampu dikhususkan kepada anak yatim dan dhuafa ada juga anak yang penghafal Al-Qur’an. Penyaluran dana beasiswa pendidikan setiap bulan sesuai dengan tingkatan SD, SMP, SMA/SMK. Selain itu ada sisi positif dari kegiatan beasiswa yaitu mengajarkan kepada penerima manfaat untuk saling mengenal sehingga terjalin jejaring sosial yang lebih luas sehingga nilai-nilai sosial tertanam kepada anak. Adapun kendala dalam program beasiswa anak negeri diantaranya terbatasnya dana yang tersedia akibatnya tidak bisa menerima semua calon anggota beasiswa yang mengajukan bantuan, kurangnya kesadaran penerima beasiswa dalam menanggung amanah dan tanggung jawab dan selanjutnya banyak para penerima manfaat tidak berhadir saat evaluasi sekaligus penyaluran dana setiap bulan. Sedangkan untuk solusinya penambahan alokasi dana dengan cara mencari donatur atau muzakki untuk menyalurkan dana zakatnya atau sebaliknya dan adanya pengawasan bagi penerima beasiswa agar bantuan yang diberikan tepat sasaran. Kata Kunci: Pendayagunaan, Dana ZIS, Beasiswa Anak Negeri.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Pendayagunaan, Dana ZIS, Beasiswa Anak Negeri.
Subjects: Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 74236 - Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: TRISNA ANGGRAINI 1930604079
Date Deposited: 09 Nov 2023 08:23
Last Modified: 09 Nov 2023 08:23
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/32395

Actions (login required)

View Item View Item