IMPLEMENTASI KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONEISA DI MI AL- ISHLAH TULUNG SELAPAN KABUPATEN OKI

JUINTEN, NIM. 14270056 (2018) IMPLEMENTASI KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONEISA DI MI AL- ISHLAH TULUNG SELAPAN KABUPATEN OKI. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
JUINTEN (14270056).pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitin ini berjudul „‟Keterampilan siswa dalam menulis karangan narasi merupakan suatu keterampilan belajar menulis pada anak tingkat dasar kelas V hal ini pun terjadi pada siswa tertentu, oleh karena itu keterampilan siswa dalam menulis karangan narasi harus lebih diperhatikan oleh guru bahasa Indonesia. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya penerapan keterampilan menulis dan juga pentinganya menggunakan penerapan pembelajaran yang inovatif dan bervariasi yang membuat siswa lebih aktif dan menyenangkan selain itu siswa lebih memperhatikan dalam proses pembelajaran, sehingga siswa dapat menerima pembelajaran dengan baik dan dapat berpengaruh terhadap keterampilan menulis karangan narasi. Penelitian bertujuan untuk mengetahui implementasi keterampilan menulis karangan narasi di MI Al-Ishlah Tulung Selapan untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas V MI Al-Ishlah Tulung Selapan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, informn penelitian ini adalah siswa kelas V. dan guru bahasa Indonesia kelas V. Ada pun alat pengumpul data dalam penelitian ini berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan data yang telah dikumpulkan kemudian dianalisis dengan teknik analisis data deskrptif kualitatif yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan (verifikasi). Hasil penelitian ini adalah pertama, keterampilan siswa kelas V dalam menulis karangan narasi pada mata pelajaran bahasa Indonesia adalah keterampilan dalam menentukan tema, menulis cerita, dan membuat paragraf. Kedua faktor pendukung keterampilan siswa dalam menulis karangan narasi, yaitu siswa menyamakan tema dan judul karangan, siswa belum mengerti membuat kalimat yang baik dan benar, dan siswa mengalami kesulitan membuat paragraf. Ketiga solusi siswa dalam menulis karangan narasi menurut guru bahasa Indonesia ada tiga solusi, pertama siswa dalam memilih tema adalah tema yang mereka kuasai atau pahami, kedua siswa sebelum menulis cerita harus memperhatikan penggunaan kalimat dan paragraf, dan ketiga siswa sebelum membuat paragraf harus mengetahui pemakaian huruf kapital dan tanda baca yang benar. Meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis karangan narasi, menurut siswa yaitu dalam memilih tema siswa mengamati lingkungan sekitar untuk menemukan ide baru, melakukan kerja kelompok untuk menulis cerita dan membuat paragraf yang benar. Kata kunci: Implementasi keterampilan menulis karangan narasi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? L1 ??
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 14 Feb 2019 08:26
Last Modified: 14 Feb 2019 08:26
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/3244

Actions (login required)

View Item View Item