Strategi KUA Dalam Upaya Meningkatkan Jumlah Muzakki Untuk Membayar Zakat Infaq dan Sedekah (Studi kasus Di Kantor Urusan Agama Ilir Barat II Kota Palembang)

Meysari, Indah (2023) Strategi KUA Dalam Upaya Meningkatkan Jumlah Muzakki Untuk Membayar Zakat Infaq dan Sedekah (Studi kasus Di Kantor Urusan Agama Ilir Barat II Kota Palembang). Undergraduate Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
cover indah.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak indah.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1 indah.pdf

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2 indah.pdf

Download (480kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3 indah.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 4 indah.pdf

Download (363kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5 indah.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
dapus indah.pdf

Download (159kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Dalam penelitian ini, peneliti kemungkinan akan melakukan studi kasus pada KUA Ilir Barat II Kota Palembang guna memahami secara mendalam strategi yang digunakan serta kendala yang dialami oleh Penyuluh Agama dalam memotivasi masyarakat guna menunaikan zakat, infaq, dan sedekah. Judul dalam penelitian ini adalah “Strategi Kua Dalam Upaya Meningkatkan Jumlah Muzakki Untuk Membayar Zakat, Infaq Dan Sedekah (Studi Kasus Di Kantor Urusan Agama Ilir Barat II Kota Palembang)”. Data yang dikumpulkan dan analisis yang dilakukan diharapkan dapat memberikan wawasan yang berharga untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam kewajiban zakat, infaq, dan sedekah. Penelitian ini bersifat kualitatif, artinya penelitian ini lebih berorientasi pada pemahaman mendalam tentang subjek atau objek penelitian daripada pengukuran atau pengujian kuantitatif. Dengan menggunakan metode deskriptif, peneliti akan dapat menggambarkan fenomena atau kejadian secara rinci, yang dapat memberikan wawasan yang berharga. Pada penelitian ini menggunakan penggunaan data primer dan data sekunder adalah pendekatan yang umum dalam penelitian kualitatif. Data primer yang dikumpulkan melalui wawancara atau observasi langsung dapat memberikan informasi yang kontekstual dan mendalam tentang subjek penelitian. Di sisi lain, data sekunder dapat digunakan untuk mendukung temuan Anda dan memperkuat analisis, serta untuk membandingkan hasil Anda dengan penelitian sebelumnya. Peneliti bertujuan untuk meningkatkan jumlah muzakki (orang yang memberikan zakat, infaq, dan edekah) dalam distribusi zakat, infaq, dan sedekah di Kantor KUA Ilir Barat II Kota Palembang. Ini merupakan tujuan yang relevan dan penting dalam konteks kegiatan sosial dan keagamaan. Dari hasil penelitian diantaranya : 1). Strategi Penyuluh Agama: Hasil penelitian mencatat bahwa salah satu strategi yang digunakan untuk meningkatkan jumlah muzakki (orang yang memberikan zakat) adalah melalui sosialisasi Zakat, Infaq, dan Sedekah. Ini mencakup pertemuan dengan Khatib Jum'at, yang bisa menjadi platform yang baik untuk menyampaikan pesan keagamaan kepada jamaah. Strategi ini akan membantu meningkatkan pemahaman dan pengetahuan masyarakat mengenai pentingnya Zakat, Infaq, dan Sedekah. 2). Kendala: Penelitian juga mengidentifikasi kendala dalam mencapai tujuan peningkatan jumlah muzakki. Salah satunya adalah kurangnya penyuluh agama Islam. Hal ini bisa menjadi tantangan, karena penyuluh agama berperan penting dalam memberikan pemahaman dan dorongan kepada masyarakat untuk berzakat, bersedekah, dan berinfaq. Selain itu, catatan bahwa mereka lebih fokus pada masalah pernikahan juga merupakan informasi yang relevan, karena ini bisa mengindikasikan adanya prioritas yang berbeda dalam pekerjaan mereka. Kata Kunci : Strategi ZIS, Meningkatkan Partisipasi Muzakki

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 74236 - Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: INDAH MEYSARI 1930604069
Date Deposited: 17 Nov 2023 08:58
Last Modified: 17 Nov 2023 08:58
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/32633

Actions (login required)

View Item View Item