PERANAN KONSELING KELOMPOK ISLAM UNTUK MENGURANGI PERILAKU GHASAB PADA SANTRI PUTRI PONDOK PESANTREN AN-NUR TEBING SULUH

Ningtyas, Inayah Ayu (2023) PERANAN KONSELING KELOMPOK ISLAM UNTUK MENGURANGI PERILAKU GHASAB PADA SANTRI PUTRI PONDOK PESANTREN AN-NUR TEBING SULUH. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH RADEN.

[img]
Preview
Text
COVER, ABSTRAK, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (243kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (239kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (347kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7kB) | Request a copy
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (410kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berjudul “Peranan Konseling Kelompok Islam untuk Mengurangi Perilaku Ghasab pada Santri Putri di Pondok Pesantren An-Nur Tebing Suluh”. Dimana ghasab adalah suatu tindakan mengambil atau menggunakan suatu benda yang bukan haknya tanpa seizin dari pemiliknya. Ghasab berbeda dengan mencuri, karena pelaku tidak berniat menjadikan barang yang dia pakai menjadi miliknya. Perilaku ghasab jika dibiarkan membudaya maka akan menjadi cikal bakal perilaku korupsi, karena berawal dari mengangap wajar perilaku negatif hal-hal kecil. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran perilaku ghasab pada santri putri sebelum dilakukanya konseling kelompok islam untuk mengurangi perilaku ghasab pada santri putri serta untuk mengetahui gambaran perilaku ghasab pada santri putri setelah dilaksanakanya konseling kelompok islam. Lokasi penelitian ini berada di pondok Pesantren An-Nur Tebing Suluh Kecamantan Lempuing Kabupaten Ogan Komering Ilir. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Subyek dalam penelitian ini berjumlah 5 orang yaitu DNA, AH, TSP, AD dan MRP. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan dan kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa santri masih kerap meminjam barang tanpa izin, memakai barang milik orang lain tanpa izin dan mengambil manfaat suatu benda tanpa izin pemiliknya. Faktor-faktor santri melakukan ghasab diantaranya faktor sosial (lemahnya kesadaran), faktor lingkungan (interaksi yang terlalu dekat), dan faktor situasional. Kemudian terdapatnya perubahan pada kelima subyek yaitu santri sudah memiliki barang sendiri-sendiri dan tidak memakai barang milik temanya lagi, santri mengetahui hukum perilaku ghasab serta tidak melakukan perilaku ghasab dan terjadinya perubahan perilaku santri yang awal mula memakai barang tanpa izin kini menjadi izin dahulu ketika ingin memakai barang milik orang lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Konseling Kelompok Islam, Perilaku Ghasab, Santri
Subjects: Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: INAYAH AYU NINGTYAS 1830502085
Date Deposited: 21 Nov 2023 00:57
Last Modified: 21 Nov 2023 00:57
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/32770

Actions (login required)

View Item View Item