FINAFETRISSIA, EBA (2023) PENGARUH PELAYANAN PENDIDIKAN TERHADAP KEPUASAN PESERTA DIDIK DI SMP NURUL IMAN PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.
Text
BAB I - V.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK Skripsi ini berjudul “Pengaruh Pelayanan Pendidikan Terhadap Kepuasan Peserta Didik di SMP Nurul Iman Palembang”. Adapun kegunaan dan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pelayanan pendidikan berpengaruh terhadap kepuasan peserta didik di SMP Nurul Iman Palembang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan penelitian ex post facto. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sejumlah 39 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket (kuisioner). Teknik yang digunakan adalah uji normalitas, uji linearitas, uji homogenitas dan uji regresi linear sederhana. Hasil analisis data di dalam pembuktian menggunakan Sofware SPSS Versi 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh positif dari variabel X (Pelayanan Pendidikan) terhadap variabel Y (Kepuasan Peserta Didik) dengan persamaan regresinya adalah Y = 7.106 + 0.817 X. Kemudian hasil uji t diperoleh nilai t hitung sebesar 4. 948 dan nilai t tabel 1.687 karena t hitung lebih besar dari t tabel maka H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel X (Pelayanan Pendidikan) dan variabel Y (Kepuasan Peserta Didik). Dari hasil uji t pula diketahui nilai signifikan 0.000 lebih kecil dari 0.05 (0.000 < 0.05) maka Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel (X) Pelayanan Pendidikan terhadap variabel (Y) Kepuasan Peserta Didik. Selanjutnya hasil uji koefisien determinasi (R2) diperoleh hasil R- Square 0.466 atau sama dengan 46.6% yang berarti adanya pengaruh dari variabel (X) Pelayanan Pendidikan terhadap variabel (Y) Kepuasan Peserta Didik dimana pengaruh ini berada pada tingkat sedang dan sisanya sebesar 53,4% dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Faktor internal ini merupakan faktor dari dalam diri peserta didik itu sendiri yang memunculkan kepuasan contohnya tingginya prestasi, keinginan dan potensi dari peserta didik itu sendiri, kemudian faktor eksternal adalah faktor yang menimbulkan kepuasan seperti kualitas pendidik, budaya sekolah serta sarana dan prasarana di lembaga pendidikan. Kata Kunci : Pelayanan Pendidikan, Kepuasan Peserta Didik, Peserta Didik
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pelayanan Pendidikan, Kepuasan Peserta Didik, Peserta Didik |
Subjects: | Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam) |
Depositing User: | EBA FINAFETRISSIA - |
Date Deposited: | 24 Nov 2023 01:26 |
Last Modified: | 24 Nov 2023 01:26 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/32944 |
Actions (login required)
View Item |