Pengaruh Tingkat Solvabilitas dan Likuiditas Terhadap Profitabilitas Asuransi Jiwa Syariah Al Amin Palembang Periode 2017-2022

Almuzdalifa Az-zahcia, Amelia (2023) Pengaruh Tingkat Solvabilitas dan Likuiditas Terhadap Profitabilitas Asuransi Jiwa Syariah Al Amin Palembang Periode 2017-2022. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Slideshow
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB)

Abstract

Asuransi merupakan transaksi dengan melibatkan dua belah pihak yaitu pihak tertanggung dan pihak penanggung, yang mana pihak penanggung memberikan jaminan atas kerugian atau kerusakan yang dialami oleh pihak tertanggung. Penilaian kinerja keuangan terutama profitabilitas dalam perusahaan sangat diperlukan untuk mengetahui kemampuan perusahaan dalam memperoleh laba. Solvabilitas suatu kemampuan perusahaan dalam memenuhi hutang jangka panjang yang dimilikinya, sedangkan likuiditas merupakan rasio yang menggambarkan kemampuan perusahaan dalam memenuhi kewajiban (hutang) jangka pendek. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat solvabilitas dan likuiditas terhadap profitabilitas asuransi jiwa syariah Al-Amin. Solvabilitas yang dihitung dengan menggunakan debt to asset ratio, likuiditas yang dihitung dengan menggunakan current ratio, dan profitabilitas yang dihitung dengan menggunakan return on assets. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan sumber data yang digunakan adalah sekunder. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi. Data diperoleh dari laporan keuangan Asuransi Jiwa Syariah Al-Amin untuk periode 2017-2022. Pengujian hipotesis ini menggunakan regresi linier berganda dengan uji T, uji F, dan koefisien determinasi. Data dianalisis dengan bantuan software SPSS versi 26. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel solvabilitas (X1) berpengaruh negatif signifikan terhadap profitabilitas, variabel likuiditas (X2) berpengaruh negatif signifikan terhadap profitabilitas. Secara simultan solvabilitas dan likuiditas berpengaruh positif signifikan terhadap profitabilitas.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Solvabilitas, Likuiditas, Profitabilitas, dan Asuransi Syariah
Subjects: Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: AMELIA ALMUZDALIFA AZ ZAHCIA 1930602241
Date Deposited: 08 Dec 2023 07:11
Last Modified: 08 Dec 2023 07:11
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/33276

Actions (login required)

View Item View Item