Analisis Beban Pencemaran Logam Berat Kadmium (Cd) dan Tembaga (Cu) Pada Badan Air Sekitar TPA Jatiwaringin Kabupaten Tangerang

Darmawan, Dina Nuradhani (2023) Analisis Beban Pencemaran Logam Berat Kadmium (Cd) dan Tembaga (Cu) Pada Badan Air Sekitar TPA Jatiwaringin Kabupaten Tangerang. Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (277kB) | Preview
[img] Text
BAB1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (422kB) | Request a copy
[img] Text
BAB2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (655kB) | Request a copy
[img] Text
BAB3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (578kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
DaftarPustaka.pdf

Download (489kB) | Preview

Abstract

Jenis bahan pencemar utama yang masuk ke perairan terdiri dari beberapa macam, diantaranya yaitu limbah organik dan anorganik, residu pestisida, sedimen dan bahan-bahan lainnya. Logam berat termasuk limbah anorganik yang tidak dapat membusuk sehingga sulit didegradasi, apabila limbah ini masuk ke dalam perairan maka akan menyebabkan peningkatan jumlah ion logam dalam air. Maka dari itu tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kadar logam berat kadmium (Cd) dan tembaga (Cu) serta mengetahui beban pencemaran logam berat kadmium (Cd) dan tembaga (Cu) pada badan air TPA Jatiwaringin. Penelitian ini merupakan penelitian Deskriptif analitik dengan metode sampling peroposive sampeling. Pengujian kadar kadmium dan tembaga pada badan air TPA Jatiwaringin menggunakan alat ASS. Hasil penelitian ini menunjukan konsentrasi logam kadmium (Cd) pada badan air mempunyai nilai tertinggi 0.0854 ppm, nilai terendah 0,0002 ppm, dan rata-rata sebesar 0,01208 ppm, sedangkan nilai tembaga paling tinggi sebesar 1,6209, nilai terendah sebesar 0,0094 ppm, dan nilai rata-rata sebesar 0,22822 ppm. Nilai Enrichment factors (EF) logam berat kadmium pada badan air TPA Jatiwaringin memiliki nilai tertinggi sebesar 2,105 ppm pada sampel S2 dan nilai terendah sebesar 0,05 ppm pada sampel U1 dan U3. Sedangkan nilai EF logam tembaga terbesar yaitu 0,32629 ppm pada sampel T1 dan terendah senilai 0,00447 ppm pada sampel U2. Rasio nilai EF kadmium pada sampel S1, S2, dan S3 sebesar 2-5 yang berarti pada badan air terkontaminasi sedang, rasio EF pada sampel kadmium lainnya sama dengan rasio EF tembaga yaitu kurang dari 2 (<2) yang berarti badan air terkontaminasi rendah.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pencemaran lingkungan, kadmium (Cd), tembaga (Cu), dan faktor pengayaan (EF)
Subjects: Sains dan Teknologi > Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 46201 - Biologi
Depositing User: Dina Nuradhani Darmawan
Date Deposited: 21 Dec 2023 02:19
Last Modified: 21 Dec 2023 02:19
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/33600

Actions (login required)

View Item View Item