DESAIN PEMBELAJARAN MATERI LUAS BELAH KETUPAT MENGGUNAKAN KONTEKS KAIN JUMPUTAN PALEMBANG UNTUK SISWA KELAS VII DENGAN MENGGUNAKAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY

ahmad, muhaimin af (2023) DESAIN PEMBELAJARAN MATERI LUAS BELAH KETUPAT MENGGUNAKAN KONTEKS KAIN JUMPUTAN PALEMBANG UNTUK SISWA KELAS VII DENGAN MENGGUNAKAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (69kB) | Preview
[img] Text
Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (460kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (70kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (76kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan lintasan belajar materi luas belah ketupat kelas VII SMP menggunakan konteks kain jumputan palembang dengan teknologi augmented reality. Metode penelitian yang digunakan adalah design research. Penelitian dengan metode design research ini terdiri dari tiga tahap penelitian. Tahap pertama yaitu preparing for the experiment. Tahap kedua yaitu design experiment yang terbagi menjadi dua siklus yakni siklus pertama pilot experiment dan siklus kedua teaching experiment. Tahapan ketiga yaitu retrospective analysis yang terdiri dari dua siklus sesuai dengan siklus di tahap design experiment. Desain pembelajaran dalam penelitian ini terdiri dari tiga kegiatan pembelajaran yang disajikan dalam lembar aktivitas siswa. Di kegiatan pertama siswa akan memahami pengertian belah ketupat dengan mengamati kain jumputan pada hasil scan dari barcode yang tersedia. Kegiatan kedua siswa akan memahami konsep rumus belah ketupat dengan diberikan 2 segitiga yang akan mereka tulis kembali dengan bahasa mereka. Di kegiatan ketiga siswa diarahkan untuk menjawab soal yang telah diberikan pada Lembar Kerja Siswa. Setelah melawati rangkaian proses penelitian maka diperoleh kesimpulan bahwa HLT yang telah di desain sudah berjalan dengan baik dan mampu membantu membangun pemahaman siswa terkait konsep perkalian aljabar sehingga layak dijadikan sebuah LIT. Kata Kunci : Desain Pembelajaran, Augmented Reality, Luas Belah Ketupat, Kain Jumputan

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Desain Pembelajaran, Augmented Reality, Luas Belah Ketupat, Kain Jumputan
Subjects: 700 Kesenian dan Rekreasi > Kesenian (Umum)
Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
500 Sains dan Matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: AHMAD MUHAIMIN AF 1830206059
Date Deposited: 21 Dec 2023 02:16
Last Modified: 21 Dec 2023 02:16
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/33604

Actions (login required)

View Item View Item