TERISNA WISNI UTAMA, NIM. 13210274 (2018) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERTANYA SISWA DALAM KELAS X TKJ 1 DI SMK NEGERI 1 TANJUNG BATU KECAMATAN TANJUNG BATU KABUPATEN OGAN ILIR. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
TERISNA WISNI UTAMA (13210274).pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penalitian ini berjudul: Peran guru pendidikan agama Islam meningkatkan keterampilan bertanya siswa dalam kelas X TKJ 1 di SMK Negeri 1 Tanjung Batu Kecamatan Tanjung Batu Kabupaten Ogan Ilir. Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan peran guru pendidikan agama Islam meningkatkan keterampilan bertanya siswa dalam kelas X TKJ 1 di SMK Negeri 1 Tanjung Batu Kecamatan Tanjung Batu Kabupaten Ogan Ilir. Sebagai conto ketika guru memberikan pertanyaan sehingga memungkinkan siswa takut salah bertanya jika pertanyaan tidak sesuai apa yang disampaikan sehingga memungkinkan siswa takut salah bertanya jika tidak sesuai dengan materi yang diberikan oleh guru. Rumusan masalah dalam penelitian ini. 1. Bagaimana Peran guru pendidikan agama Islam meningkatkan keterampilan bertanya siswa dalam Kelas X TKJ 1 di SMK Negeri 1 Kecamatan Tanjung Batu Kabupaten Ogan Ilir? 2. Bagaimana keterampilan bertanya siswa dalam kelas X TKJ 1 di SMK Negeri 1 Tanjung Batu Kecamatan Tanjung Batu Kabupaten Ogan Ilir? 3. Apa sajakah yang menjadi faktor pendukung dan penghambata peranan guru Pendidikan agama Islam meningkatkan keterampilan bertanya siswa dalam kelas X TKJ 1 di SMK Negeri 1 Kecamatan Tanjung Batu Kabupaten Ogan Ilir?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan bertanya siswa dalam kelas X TKJ di SMK Negeri 1 Tanjung Batu Kecamatan Tanjung Batu Kabupaten Ogan Ilir dan Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi keterampilan bertanya siswa dalam kelas X TKJ 1 di SMK Negeri 1 Tanjung Batu Kecamatan Tanjung Batu Kabupaten Ogan Ilir. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yaitu penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dan orang-orang dan prilaku yang diamati. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik purposive sampling yaitu teknik pengumpulan data yang bersifat mengabungkan dari berbagai teknik pengumpulan data dan sumber data, berupa: observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan model miles dan huberman, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarik kesimpulan. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini: 1. Peran guru pendidikan agama Islam dalam kelas X TKJ 1 di Tanjung Batu meliputi: guru pendidikan agama Islam berperan untuk mendidik, mengarahkan, menanam kan ajaran-ajarab dan nilai-nilai Islam terhadap para siswa. 2. Keterampilan bertanya siswa dalam kelas X TKJ 1 meliputi: keterampilan bertany, guru mampu mendeteksi hambatan proses berpikir di kalangan siswa. 3. Faktor-faktor pendukung dan penghambat keterampilan bertanya dalam kelas X TKJ 1 meliputi: Faktor pendukung, komponen-komponen yang mendukung proses untuk pencapaian kerberhasilan pendidkan baik yang menyangkut pada sarana atau prasarana pendidikan. Faktor internal, faktor yang berasal dari dalam diri siswa itu sendiri yaknik siswa kurang dalam bertanya dalam kelas dan faktor ekternal, faktor yang berasal dari luar atau faktor lingkungan yaknik lingkungan sekitar siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? L1 ?? |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 14 Feb 2019 08:31 |
Last Modified: | 14 Feb 2019 08:31 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/3378 |
Actions (login required)
View Item |