REPRESENTASI BUDAYA POPULER DI YOUTUBE INDONESIA (Analisis Semiotika Konten Youtube Rewind Indonesia 2020 Karya Indonesian Youtubers)

Pratama, Ardi (2024) REPRESENTASI BUDAYA POPULER DI YOUTUBE INDONESIA (Analisis Semiotika Konten Youtube Rewind Indonesia 2020 Karya Indonesian Youtubers). Undergraduate Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang.

[img] Text
SKRIPSI Ardi Pratama FULL BAB (1820503031).pdf

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI Ardi Pratama FULL BAB (1820503031).pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Representasi Budaya Populer Di Youtube Indonesia (Analisis Semiotika Konten Youtube Rewind Indonesia 2020 Karya Indonesian Youtubers”. Penelitian ini bertuujuan untuk mengetahui budaya populer yang direpresentasikan lewat video Rewind Indonesia 2020 dilihat dari level realitas, level representasi, dan level ideologi. Pada tahun 2020 para konten kreator youtube Indonesia berkolaborasi dengan membuat sebuah karya yang menggambarkan kejadian, peristiwa dan hal-hal yang viral di Indonesia pada tahun tersebut. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan analisis semiotika John Fiske. Sumber data yang digunakan oleh peneliti yaitu sumber data primer merupakan video yang di upload di Channel Youtube Indonesian Youtubers dengan dengan judul Rewind Indonesai 2020. Sumber yang lainnya merupakan sumber data sekunder yaitu sumber berupa berita online, jurnal dan skripsi terdahulu, serta buku-buku yang berkaitan dengan penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam menganalisis data tersebut yaitu observasi dan dokumentasi. Dari hasil penelitian untuk mencari makna representasi budaya populer dalam konten youtube Rewind Indonesia 2020 telah peneliti dapatkan melihat budaya populer dari level realitas tergambarkan melalui aspek penampilan, perilaku, dan lingkungan. dari level representasi tergambarkan melalui lagu yang terdapat dalam video tersebut. Pada level ideologi tersampaikan lewat beberapa scene dengan ideologi meliputi kesamaan gender, sosialisme, kelas, kulturalisme, individualisme, demokrasi, patriotisme dan nasionalisme.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Representasi, Budaya Populer, Youtube, Analisis Semiotika
Subjects: Dakwah dan Komunikasi > Jurnalistik
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70202 - Jurnalistik
Depositing User: ARDI PRATAMA 1820503031
Date Deposited: 12 Jan 2024 03:25
Last Modified: 12 Jan 2024 03:25
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/33954

Actions (login required)

View Item View Item