Jami'ah, Jami'ah (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI SEGI BANYAK PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF GROUP INVESTEGATION (GI) BAGI SISWA KELAS VI MI TARBIYATUL ULA PALEMBANG (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.
|
Text
BAB I.pdf Download (253kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (220kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (167kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (258kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (103kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (103kB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran matematika yang disajikan dengan ceramah dan latihan individual sering tidak disukai oleh para siswa. Akibatnya hasil belajar selalu di urutan paling bawah dibandingkan mata pelajaran lainnya. Padahal ilmu matematika memiliki peranan sangat strategis dalam berbagai kehidupan. Untuk menciptakan proses pembelajaran yang menyenangkan dan dapat meningkatkan hasil belajar, maka perlu adanya perubahan pembelajaran yang menarik yaitu menerapkan model pembelajaran group investigation. Rumusan masalah yang diajukan “Apakah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif group investigation dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI MI Tarbiyatul Ula Palembang?”. Untuk menjawab rumusan masalah tersebut. Maka dilalukan penelitian dengan subjek 23 orang siswa. Pengambilan data menggunakan metode observasi, tes tulis. Perbuatan dan dokumentasi. Penelitian dilakukan dengan dua siklus. Setiap siklus dilakukan perencanaan, peleaksanaan, itndakan, observasi dan refleksi. Pelaksanaan tindakan secara berurutan berupa pembelajaran klasikal, kelompok, membuat soal dan jawaban. . Hasil penelitian pada prasiklus,, hasil belajar siswa hanya 34,43% siswa yang tuntas dalam belajarnya, rata-rata kelas hanya 61,73, sedangkan target yang diharapkan adalah 95%, yang mencapai nilai 70 ke atas. Untuk meningkatkan proses pembelajaran dan hasil belajar maka perlu diadakan siklus.I. Pada siklus I terjadi peningkatan hasil belajar dari 34.43% menjadi 68,96% siswa tuntas belajar dengan rata-rata 71,13. Pada siklus II terjadi peningkatan setelah diadakan perbaikan pada siklus I, ketuntasan belajar sudah mencapai 80,96% dan rata-rata71,13. Dengan demikian semua target yang ditargetkan telah tercapai. Berdasarkan hasil peneiltian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran group investigation dapat mendorong siswa untuk belajar tentang segi banyak lebih bersemangat, meningkatkan proses pembelajaran dan hasil belajar, maka untuk meningkatkan proses pembelajaran maupun hasil belajar matematika dapat diigunakan model pembelajaran group investigation.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | group investigation, meningkatkan hasil belajar, proses pembelajaran. |
Subjects: | ?? L1 ?? |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 26 Apr 2016 06:58 |
Last Modified: | 26 Apr 2016 06:58 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/341 |
Actions (login required)
View Item |