PEMAKNAAN MAHASISWA UIN RADEN FATAH PALEMBANG TERHADAP PRO KONTRA PEMBERITAAN VAKSIN COVID-19 (STUDI PADA MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI)

Ermawati, Siska (2023) PEMAKNAAN MAHASISWA UIN RADEN FATAH PALEMBANG TERHADAP PRO KONTRA PEMBERITAAN VAKSIN COVID-19 (STUDI PADA MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI). Undergraduate Thesis thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img] Text
Siska Ermawati 1710701032.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan pemaknaan mahasiswa terhadap berita online di antaranews.com terkait berita vaksinasi Covid-19. Penelitian ini menggunakan subjek penelitian yang dipilih berdasarkan purposive sampling yaitu mahasiswa ilmu komunikasi UIN Raden Fatah Palembang yang telah vaksinasi dan belum vaksinasi. Ramainya pemberitaan terhadap fenomena pandemi wabah Covid-19 menjadi sajian kepada publik sehingga menimbulkan berbagai opini dalam masyarakat. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, menggunakan observasi dan wawancara dalam pengumpulan data. Teori analisis resepsi Encoding - Decoding oleh Stuart Hall digunakan pada penelitian ini untuk mengetahui tiga posisi khalayak dalam memaknai teks, yaitu Dominant/Hegemonic reading, Negotiated Position, dan Oppositional/Counter Hegemonic reading. Hasil dalam penelitian ini diperoleh 3 posisi, yaitu Dominant/Hegemonic Position dan Negotiated Position. Sebagian besar informan menempati Negotiated position, menandakan bahwa pemberitaan terkait program vaksinasi Covid-19 di antaranews.tv diterima namun juga memiliki kritik mengenai berita yang dikonsumsinya. Namun, juga ditemukan satu informan yang berada di Oppositional/Counter, menandakan bahwa informan menolak berita yang dikonsumsinya. Kata kunci : Vaksinasi Covid-19, Pemberitaan, Reseption Analysis

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaanfisip@radenfatah.ac.id
Date Deposited: 22 Jan 2024 01:27
Last Modified: 22 Jan 2024 01:27
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/34267

Actions (login required)

View Item View Item