Muhamad Ridho, 1810602043 and Hilda, Hilda and Iceu, Sri Gustiana (2022) “PENGARUH HARGA JUAL DAN KUALITAS MAKANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA RUMAH MAKAN PONDOK NQ (NURUL QOMAR) SEAFOOD KOTA PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH PALEMBANG.
Text
view_usp=sharing Download (85kB) |
Abstract
ABSTRAK PENGARUH HARGA JUAL DAN KUALITAS MAKANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA RUMAH MAKAN PONDOK NQ (NURUL QOMAR) SEAFOOD KOTA PALEMBANG MUHAMAD RIDHO 1810602043 Makan dan minum adalah kebutuhan paling mendasar dari semua makhluk hidup, termasuk manusia. karena makan dan minum merupakan salah satu kebutuhan primer atau kebutuhan dasar yang harus dipenuhi setiap hari dan merupakan prioritas utama yang harus dipenuhi oleh setiap manusia. Maka dari itu banyak pengusaha mendirikan restoran rumah makan, salah satunya Pondok Pesantren Nurul Qomar yang mendirikan resto kuliner seafood yang bernama Rumah Makan Pondok NQ Seafood. Agar bertahan dalam persaingan bisnis di bidang kuliner, kepuasan pelanggan merupakan faktor yang perlu diperhatikan. Menurut Supriyono harga jual adalah jumlah moneter yang dibebankan oleh suatu unit usaha kepada pembeli atau pelanggan. Penentuan harga jual berhubungan dengan Kebijakan penetuan harga jual dan Keputusan penentuan harga jual. Menurut Buckwell, Kualitas Makanan merupakan keseluruhan karakteristik dari makanan dan minuman yang dimana karakteristik tersebut dapat memenuhi harapan konsumen. Menurut Kotler dan Keller, kepuasan merupakan perasaan seseorang akan kesenangan atau kekecewaan yang dihasilkan dari membandingkan kinerja produk yang dirasakan dengan harapan mereka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh harga jual (X1) dan kualitas makanan (X2) terhadap kepuasan pelanggan (Y). serta juga akan mengetahui bagaimana pengaruh harga jual dan kualitas makanan secara simultan mempengaruhi kepuasan pelanggan di Rumah Makan Pondok Seafood NQ (Nurul Qomar) Kota Palembang. Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. adapun populasi dalam penelitian ini adalah konsumen rumah makan pondok nq seafood yang menurut data berjumlah 11.000. Pengambilan sampel menggunakan metode teknik slovin didapatkan sebanyak 100 responden. Dalam penelitian ini untuk mendapatkan data digunakan data primer dan data sekunder, dan melakukan penyebaran kuesioner dan mengukurnya dengan skala likert. Berdasarkan hasil penelitian bahwa harga jual berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan, berdasarkan hasil analisis data 5,022 > 1,660 sehingga dapat dikatakan harga jual berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Kualitas makanan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Berdasasrkan hasil penelitian menunjukkan 8,895 > 1,660 maka dikatakan berpengaruh signifikan kualitas makanan terhadap kepuasan pelanggan. Harga Jual dan Kualitas Makanan 64,716 > 3,090 menunjukkan harga jual dan kualitas makanan berpengaruh signifikan secara simultan terhadap kepuasan pelanggan pada rumah makan pondok nq seafood kota palembang. Kata Kunci : Harga Jual, Kualitas Makanan, Kepuasan Pelanggan
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Harga Jual, Kualitas Makanan, Kepuasan Pelanggan |
Subjects: | Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (S1) |
Depositing User: | MUHAMAD RIDHO 1810602043 |
Date Deposited: | 22 Jan 2024 01:27 |
Last Modified: | 22 Jan 2024 01:27 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/34326 |
Actions (login required)
View Item |