UJI VALIDITAS LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) INDUKSI TUNAS TANAMAN STEVIA (Stevia rebaudiana B.) MELALUI KULTUR JARINGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR TAMBAHAN UNTUK PESERTA DIDIK MATERI INOVASI TEKNOLOGI BIOLOGI PADA FASE E

As'ad, Zuhdi (2023) UJI VALIDITAS LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) INDUKSI TUNAS TANAMAN STEVIA (Stevia rebaudiana B.) MELALUI KULTUR JARINGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR TAMBAHAN UNTUK PESERTA DIDIK MATERI INOVASI TEKNOLOGI BIOLOGI PADA FASE E. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
COVER.pdf

Download (61kB)
[img] Text
ABSTRACT.pdf

Download (6kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (7kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (95kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (78kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (992kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (81kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (169kB)

Abstract

Sistem pendidikan nasional dalam Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 yaitu upaya sadar dan terencana untuk mengembangkan potensi peserta didik guna membentuk kekuatan spiritual, keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak, dan keterampilan yang diperlukan untuk diri sendiri, masyarakat, bangsa dan negara. Salah satu upaya untuk meningkatkan keterampilan peserta didik adalah melalui penggunaan media pembelajaran, seperti Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kinetin terhadap induksi tunas eksplan ibu tangkai daun tanaman stevia (Stevia rebaudiana B.) dan untuk mengetahui tingkat validitas LKPD induksi tunas tanaman Stevia (Stevia rebaudiana B.) materi inovasi teknologi biologi pada fase E. Jenis penelitian yang digunakan pada uji validitas LKPD adalah metode Research and Development (R&D) dan untuk penelitian eksperimen menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan lima kali pengulangan pada 0 ppm kinetin, 1 ppm kinetin, 2 ppm kinetin, 3 ppm kinetin dan 4 ppm kinetin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh kinetin terhadap induksi tunas tanaman stevia (Stevia rebaudiana B.) menunjukkan presentase 100% dan tidak memiliki pengaruh yang signifikan berdasarkan nilai uji hipotesis Asymp. Sig. 0,114 > 0,05. Media LKPD yang telah divalidasi oleh ahli materi, ahli media, dan ahli bahasa memperoleh nilai rata-rata keseluruhan sebesar 95,8% yang termasuk kedalam kategori sangat valid. Sehingga media LKPD layak untuk digunakan sebagai sumber belajar tambahan bagi peserta didik di sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kinetin, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Stevia rebaudiana B., Validitas
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
500 Sains dan Matematika > 570 Biologi, Ilmu Hayat
500 Sains dan Matematika > 570 Biologi, Ilmu Hayat > Biologi
500 Sains dan Matematika > 580 Botani, Ilmu Tumbuhan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: ZUHDI AS'AD 2020207067
Date Deposited: 29 Jan 2024 01:26
Last Modified: 29 Jan 2024 01:26
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/34550

Actions (login required)

View Item View Item