KOMUNIKASI KELOMPOK DALAM PEMBAGIAN TUGAS PEREMPUAN DAN LAKI-LAKI PADA TRADISI NUGAL (Studi di Desa Keramat Jaya, Kecamatan Sungai Keruh Kabupaten Musi Banyuasin)

Sari, Winda Selvia (2023) KOMUNIKASI KELOMPOK DALAM PEMBAGIAN TUGAS PEREMPUAN DAN LAKI-LAKI PADA TRADISI NUGAL (Studi di Desa Keramat Jaya, Kecamatan Sungai Keruh Kabupaten Musi Banyuasin). Undergraduate Thesis thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img] Text
Winda Selvia Sari 2030701076.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaiamana komunikasi kelompok dalam pembagian tugas perempuan dan laki-laki pada tradisi nugal di Desa Keramat Jaya dan hambatan komunikasi kelompok dalam pembagian tugas perempuan dan laki-laki pada tradisi nugal di Desa Keramat Jaya. Penelitian ini mengunakan jenis penelitian kualitatif, dengan pendekatan deskriftif, dalam penelitian ini peneliti pengumpulan data melalui metode observasi, wawancara serta dokumentasi terkait komunikasi kelompok dalam pembagian tugas perempuan dan laki-laki pada tradisi nugal di Desa Keramat Jaya dan hambatan komunikasi kelompok dalam pembagian tugas perempuan dan laki-laki pada tradisi nugal di Desa Keramat Jaya. Penelitian ini melibatkan 9 narasumber yang terdiri tiga orang penugal dan enam orang pengincir. Teori dalam penelitian ini mengunakan Teori Pencapaian Kelompok (Group Achievement Theory), data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah dengan wawancara langsung dengan informan serta observasi dan dokumentasi dilapangan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa komunikasi kelompok dalam pembagian tugas perempuan dan laki-laki pada tradisi nugal di Desa Keramat Jaya dapat membangun dan meningkatkan kerja sama serta kesimbangan sehingga menyelesaikan tugas-tugas dalam kelompok. hambatan komunikasi kelompok dalam pembagian tugas perempuan dan laki-laki pada tradisi nugal di Desa Keramat Jaya yaitu ketidak setaraan dalam tugas dimana tugas laki-laki dianggap lebih kuat dan lebih berat hal ini dapat diatasi dengan melakukan diskusi mengenai peran masing-masing sehingga menciptakan masyarakat yang lebih inklusif, adil dan selaras. Kata kunci: Kelompok, Nugal, Perempuan, Tradisi

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaanfisip@radenfatah.ac.id
Date Deposited: 30 Jan 2024 06:51
Last Modified: 30 Jan 2024 06:51
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/34689

Actions (login required)

View Item View Item