SAKINA, NIM. 12221096 (2018) IDENTIFIKASI PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS VIII DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DI SMP NEGERI 1 PANGKALAN LAMPAM. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
SAKINA (12221096).pdf Download (8MB) | Preview |
Abstract
Penalaran merupakan salah satu aspek terpenting dalam belajar matematika. Dengan menalar, seseorang dapat memahami materi matematika. Tidak hanya dalam belajar matematika, penalaran juga dibutuhkan dalam kehidupan sehari- hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat penalaran matematis siswa kelas VIII dalam memecahkan masalah matematika di SMP Negeri 1 Pangkalan Lampam. Penelitian ini merupakan penelitian kombinasi dengan rancangan sampel penelitian ditentukan dengan teknik purposive sampling yang populasinya seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Pangkalan Lampam, sehingga diperoleh sampel penelitian kelas VIII A dan VIII B yang berjumlah 52 orang. Data tentang penalaran matematis siswa diperoleh dengan memberikan tes dan wawancara. Indikator penalaran matematis siswa dalam penelitian ini yaitu mengajukan dugaan, melakukan manipulasi matematika, menarik kesimpulan, menyusun bukti, memberikan alasan terhadap kebenaran solusi, dan menarik kesimpulan dari suatu pernyataan. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa penalaran matematis siswa dalam memecahkan masalah matematika berada pada kategori rendah. Namun, ada beberapa siswa yang berada pada kategori penalaran matematis tinggi dan sedang. Terdapat 8 siswa berada pada kategori penalaran matematika tinggi, 2 siswa berada pada kategori penalaran matematis sedang, dan 42 siswa berada pada kategori penalaran matematis rendah. Kata kunci : Soal penalaran matematis, tingkat penalaran matematis
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? L1 ?? |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 14 Feb 2019 08:35 |
Last Modified: | 14 Feb 2019 08:35 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/3470 |
Actions (login required)
View Item |