PENERAPAN TEKNIK SELF MANAGEMENT DALAM MENGURANGI PERILAKU KONSUMTIF PADA REMAJA (Studi Kasus pada klien “D” Kelurahan Silaberanti Kecamatan Sebrang Ulu 1)

Agustianti, Putri (2022) PENERAPAN TEKNIK SELF MANAGEMENT DALAM MENGURANGI PERILAKU KONSUMTIF PADA REMAJA (Studi Kasus pada klien “D” Kelurahan Silaberanti Kecamatan Sebrang Ulu 1). Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
COVER.pdf

Download (168kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (168kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (195kB)
[img] Text
BAB I -V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (792kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berjudul “Penerapan Teknik Self Management dalam mengurangi perilaku konsumtif pada remaja (Studi kasus pada klien “D” di Kelurahan Silaberanti Kecamatan Sebrang Ulu 1). Remaja merupakan masa perkembangan serta peralihan antara masa anak-anak ke masa dewasa yang mencakup perkembangan fisik, intelektual, emosi dan sosial. Tujuan penelitian ini untuk melihat gambaran perilaku konsumtif pada klien “D”, dan mengetahui penerapan teknik Self Management untuk mengurangi perilaku konsumtif pada klien “D”. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan, pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus subyek penelitian klien “D”. Alat pengumpulan data yaitu metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu perjodohan pola, dan analisis deret waktu. Hasil penelitian bahwasannya gambaran perilaku konsumtif pada klien “D” adalah sering membeli barang produk yang tidak di gunakan hanya untuk memenuhi hasrat, suka menghamburkan uang hanya untuk membeli barang yang unik dan lucu Walaupun tidak dibutuhkan. Penerapan teknik self management untuk mengurangi perilaku konsumtif klien “D”. Hasilnya klien “D” merasa tenang dan nyaman sehingga perilaku konsumtif pada dirinya berkurang dan tidak ingin mengulanginya lagi. ada tiga tahapan yaitu tahap awal yang di mana membangun hubungan baik pada klien menciptakan suasana yang nyaman pada klien dan masuk ketahap perumusan masalah, disini klien menceritakan masala yang terjadi pada dirinya

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Self Management, Perilaku Konsumtif.
Subjects: Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: PUTRI AGUSTIANTI 1820502046
Date Deposited: 01 Feb 2024 07:06
Last Modified: 01 Feb 2024 07:06
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/34858

Actions (login required)

View Item View Item