Konseling Individu dengan Teknik Rational Emotive Behaviour Theraphy (REBT) dalam Mengatasi Masalah Kepercayaan Diri (Studio Kasus Konseli "A" Di Desa Lubuk Saung Kec. Banyuasin III)

Wahyu, Muhamad Noufal (2024) Konseling Individu dengan Teknik Rational Emotive Behaviour Theraphy (REBT) dalam Mengatasi Masalah Kepercayaan Diri (Studio Kasus Konseli "A" Di Desa Lubuk Saung Kec. Banyuasin III). Undergraduate Thesis thesis, Uin Raden Fatah Palembang.

[img] Text
DOC-20231120-WA0000..pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kepercayaan diri sangat penting bagi seorang individu sehingga ia dapat yakin terhadap dirinya dan dapat menerima kenyataan, mengembangkan kesabaran, berpikir positif, memiliki kemandirian, dan mampu untuk menghadapi situasi apapun. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran kurangnya kepercayaan diri, untuk mengetahui proses pelaksanaan konseling individu dengan teknik Rational Emotif Behaviour Theraphy, untuk mengetahui hambatan dalam konseling individu dengan teknik Rational Emotif Behaviour Theraphy. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, dan metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kasus. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi. Subjek penelitian ini adalah Konseli “A” Di Desa Lubuk Saung. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Konseli “A” memiliki kepercayaan diri yang rendah di antaranya adalah ia tidak yakin dengan diri sendiri, tidak percaya akan kemampuan dan kompetensinya, tidak berani menerima dan menghadapi penolakan dari orang lain, dan emosi yang kurang stabil. Adapun hambatan yang mempengaruhi terjadinya kurangnya kepercayaan diri yaitu kurangnya rasa bebas dari individu itu sendiri, dengan adanya hal itu biasanya menunjukkan akan hilangnya rasa aman atau adanya rasa takut, diantara gejala kelemahan itu ragu-ragu, lidah terasa terkunci di hadapan orang banyak, malu-malu, tidak dapat berpikir bebas dan tidak berani. Kemudian terdapatnya perubahan pada Konseli yaitu lebih tenang dan sabar dalam menyikapi sesuatu, lebih bisa memilih mana yang baik dan meninggalkan yang buruk untuk dirinya, bisa menghadapi penolakan dari orang lain dan yakin atas kemampuan dan pengetahuannya berdasarkan penngalaman dan perhitungan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : konseling individu, teknik rational emotif behavior theraphy, kepercayaan diri
Subjects: Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: WAHYU MUHAMMAD NOUFAL 1820502056
Date Deposited: 07 Feb 2024 06:15
Last Modified: 07 Feb 2024 06:15
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/35092

Actions (login required)

View Item View Item