ANALISIS TERHADAP OPINI PUBLIK TERKAIT POLITISASI SEPAK BOLA DI INDONESIA PADA AKUN INSTAGRAM KOMPAS.COM (Studi Kasus Piala Dunia U-20 2023)

Putri Anggraini, Bebby Ayu (2024) ANALISIS TERHADAP OPINI PUBLIK TERKAIT POLITISASI SEPAK BOLA DI INDONESIA PADA AKUN INSTAGRAM KOMPAS.COM (Studi Kasus Piala Dunia U-20 2023). Undergraduate Thesis thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img] Text
Bebby Ayu Putri Anggraini 2030702091.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian berjudul “Analisis Terhadap Opini Publik Di Akun Instagram Kompas.Com Terkait Dengan Kegagalan Indonesia Sebagai Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2023”, dilatar belakangi pada tanggal 29 maret 2023 Indonesia telah mengalami kegagalan lagi menjadi tuan rumah piala dunia U-20 dikarenakan Pembatalan penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia oleh FIFA dikaitkan dengan wacana penolakan timnas Israel yang hadir di Indonesia menjelang ajang tersebut. Meskipun Presiden Joko Widodo mengingatkan agar olahraga tidak dicampuri urusan politik, pembatalan tersebut menunjukkan adanya keterkaitan antara olahraga dan politik dalam konteks ini Kegagalan Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 mendatangkan kekecewaan bagi sebagian masyarakat. Pembatalan tersebut juga menyebabkan air mata pemain U-20 Indonesia. Penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana opini publik terkait politisasi sepak bola di Indonesia terutama dalam konteks piala dunia U-20 2023. Teori yang digunakan yaitu teori dalam komunikasi politik adalah teori agemda setting dan teori framing. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan data yang diperoleh dari hasil berita yang di angkat dari media sosial Instagram dalam akun @Kompas.com, yang kemudian dianalisis hingga diperoleh kesimpulan. Hasil dalam penelitian ini bahwa opini publik pada komentar di postingan @kompas.com terbukti terdapat muatan isi komentar dengan mengandung opini publik dengan kategori yang paling dominan muncul adalah kategori opini publik negatif dan hasil analisis isi komentar peneliti menemukan komentar opini publik negatif. Banyak opini netizen yang menyinggung mereka terang terangan mengatakan tidak akan memilih dan mendukung Ganjar Pranowo untuk menjadi Presiden di 2024. dan jangan mencampuradukan politik dan agama ke olahraga. Kata kunci: Opini Publik, Piala Dunia U-20, Kompas.com.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: PERPUSTAKAAN FISIP
Date Deposited: 22 Feb 2024 01:34
Last Modified: 22 Feb 2024 01:34
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/35378

Actions (login required)

View Item View Item