EFEKTIVITAS PELAKSANAAN PROGRAM PEMBIASAAN SHOLAT BERJAMAAH DALAM MEMBENTUK KARAKTER DISIPLIN SISWA DI SMA AISYIYAH 1 PALEMBANG

Eka Putri, Adelia Rizki (2023) EFEKTIVITAS PELAKSANAAN PROGRAM PEMBIASAAN SHOLAT BERJAMAAH DALAM MEMBENTUK KARAKTER DISIPLIN SISWA DI SMA AISYIYAH 1 PALEMBANG. EFEKTIVITAS PELAKSANAAN PROGRAM PEMBIASAAN SHOLAT BERJAMAAH DALAM MEMBENTUK KARAKTER DISIPLIN SISWA DI SMA AISYIYAH 1 PALEMBANG. pp. 1-144. (Unpublished)

[img] Text
COVER ADELL.pdf

Download (37kB)
[img] Text
ABSTRAK ADEL.pdf

Download (8kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (264kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (288kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV ADEL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (221kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas pelaksanaan program pembiasaan sholat berjamaah dalam membentuk karakter disiplin siswa di SMA Aisyiyah 1 Palembang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriftif menggunakan pola pengambaran secara sistematis, factual dan akurat. Teori yang digunakan pelaksanaan program menurut Munir dan Wahyu Ilahi (2017) dan karakter disiplin menurut Patmawati (2018). Data dikumpulkan melalui kuesioner/angket, observasi, dan dokumentasi terkait pelaksanaan program pembiasaan sholat berjamaah di SMA Aisyiyah 1 Palembang. Responden penelitian terdiri dari siswa kelas X dan XI. Sampel pada penelitian ini adalah 51 siswa. Variabel penelitian ini terdiri dari Pelaksanaan Program (X) dan karakter disiplin (Y). Pengolahan data dibantu program SPSS for windows versi 25. Hasil penelitian ini berdasarkan hasil uji normalitas menunjukkan bahwa signifikasi 0,200 lebih besar dibandingkan dengan nilai yang ditentukan sebesar 5%. Hasilnya yakni 0,200 > 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan data residual berdistribusi normal. Hasil regresi linier berdasarkan analisis data yang menunjukkan bahwa nilai thitung = 3.597 sedangkan nilai signifikansi sebesar 0,001. Maka nilai signifikasi lebih kecil dari nilai 0,05 atau 0,001 < 0,05 artinya ada pengaruh yang signifikansi antara variabel pelaksanaan program (X) dan variabel karakter disiplin (Y). faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan program pembiasaan sholat berjamaah dalam membentuk karakter disiplin siswa. Terdapat beberapa faktor pendukung yang dapat membantu dalam menciptakan karakter disiplin dalam pelaksanaan sholat, yaitu lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, guru, lingkungan sekitar, dan pergaulan yang baik. Semua faktor tersebut memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk karakter disiplin dalam pelaksanaan sholat sehingga anak-anak dapat tumbuh menjadi individu yang memiliki karakter disiplin yang kuat dalam menjalankan ibadah sholat. Faktor penghambatnya ialah kurangnya pengawasan orang tua dan pergaulan dengan teman-teman. Dengan adanya upaya-upaya tersebut, diharapkan dapat mengurangi faktor penghambat pelaksanaan sholat di SMA Aisyiyah 1 Palembang, sehingga dapat tercipta karakter disiplin dalam beribadah pada siswa-siswi yang belajar di sekolah tersebut.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: pembiasaan sholat berjamaah, karakter disiplin, SMA Aisyiyah 1 Palembang
Subjects: Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah
Depositing User: ADELIA RIZKI EKA PUTRI 1930504061
Date Deposited: 27 Feb 2024 02:37
Last Modified: 27 Feb 2024 02:37
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/35487

Actions (login required)

View Item View Item