PERAN POLSEK PULAU BERINGIN DALAM PENCEGAHAN PEMBUNUHAN YANG DILAKUKAN OLEH ANAK DI BAWAH UMUR PERSPEKTIF HUKUM PIDANA ISLAM

Ahmad, Al Hilal (2024) PERAN POLSEK PULAU BERINGIN DALAM PENCEGAHAN PEMBUNUHAN YANG DILAKUKAN OLEH ANAK DI BAWAH UMUR PERSPEKTIF HUKUM PIDANA ISLAM. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
A5 Skripsi Full Bab Hilal.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Secara lumrah di Indonesia suatu kejahatan diatur dalam Buku II KUHP, yang satu diantaranya membahas pembunuhan. Pembunuhan termasuk suatu jenis kejahatan terhadap nyawa yang secara khas diatur dalam Bab XIX KUHP, dimulai dari pasal 338 hingga 350. Dalam kelanjutannya KUHP membagi kejahatan terhadap nyawa menjadi dua bentuk yakni berdasarkan unsur kesalahan dan berdasarkan objeknya. Banyak sekali terjadinya kasus pembunuhan yang ada di Indonesia dan tidak jarang pelakunya adalah anak di bawah umur. Seperti halnya kasus yang ada di desa Pematang Danau Kabupaten OKU Selatan. Dalam skripsi ini membahas dua rumusan masalah yaitu : Pertama, bagaimana peran kepolisian sektor Pulau Beringin dalam pencegahan pembunuhan yang dilakukan oleh anak di bawah umur. Kedua, bagaimana perspektif hukum pidana Islam terhadap peran kepolisian dalam pencegahan pembunuhan yang dilakukan oleh anak di bawah umur. Metode penelitian dalam penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pengambilan data yang diperoleh secara langsung melalui wawancara dengan pihak terkait terutama pihak kepolisian sektor Pulau Beringin. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa dalam hukum pidana ada dua upaya untuk menanggulangi kejahatan yaitu upaya preventif (non penal) dan upaya represif (penal). Sedangkan dalam hukum pidana Islam terdapat dua upaya yaitu al-radd (pencegahan) dan al-jaza (pembalasan). Kata Kunci : Peran, Pencegahan, Pembunuhan, Anak Di Bawah Umur, Hukum Pidana Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Peran, Pencegahan, Pembunuhan, Anak Di Bawah Umur, Hukum Pidana Islam
Subjects: Syariah dan Hukum > Hukum Pidana Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74231 - Hukum Pidana Islam (Jinayah)
Depositing User: AL HILAL AHMAD 1920103080
Date Deposited: 28 Feb 2024 07:03
Last Modified: 28 Feb 2024 07:03
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/35551

Actions (login required)

View Item View Item