MARKETING POLITIK AKA CHOLIK DARLIN PADA AKUN YOUTUBE AKA CHOLIK TV MENJELANG PEMILU 2024

Yunita, Tiara (2024) MARKETING POLITIK AKA CHOLIK DARLIN PADA AKUN YOUTUBE AKA CHOLIK TV MENJELANG PEMILU 2024. Undergraduate Thesis thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img] Text
TIARA YUNITA 2030702116.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian Marketing Politik Aka Cholik Darlin Pada Akun Youtube Aka Cholik TV menuju pemilu 2024 yang dilatarbelakangi oleh strategi yang dilakukan Aka Cholik Darlin beliau sering menggunakan media sosial dengan platform youtube yang sering aktif, strategi ini memanfaatkan keunggulan media sosial dalam hal kemudahan akses bagi calon pemilih. Tujuan penelitian Untuk mengetahui strategi calon legislatif pada pemilu 2024 Aka Cholik Darlin dari Partai Kebangkitan Bangsa melalui youtube. Penelitian ini menggunakan teori marketing politik menurut Niffenegger. Data bersumber dari data primer dalam penelitian ini diperoleh dari hasil wawancara, dan media sosial Youtube dalam akun Aka Cholik Tv, dan data sekunder dari literatur yang mendukung dan jurnal-jurnal mengenai topik penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu pencarian data dan informasi melalui dokumen-dokumen. Teknik analisis data reduksi data, analisis data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Aka Cholik Darlin melakukan strategi politiknya dengan menggunakan Youtube sebagai media politik, banyak membahas mengenai kampanye politik, sosialisasi terhadap masyarakat dan generasi muda. Berdasarkan pada hasil analisis strategi politik pada akun Youtube Aka Cholik TV, dalam menjalankan strategi politiknnya melalui Youtube Aka Cholik memanfaatkan keadaan atau situasi sekelilingnya. Dari hasil analisis tersebut didapatkan bahwa jika dilihat berdasarkan teori marketing politik menurut Firmanzah, dalam proses Political marketing, digunakan penerapan 4P bauran marketing, dan Aka Cholik hanya menggunakan 2P pada marketing politiknya, yaitu: Pertama, Niffenegger membagi produk politik ke dalam tiga kategori, salah satunya ciri pribadi dalam tayangan Akacholik tv ini yaitu ciri pribadi yang mengarah pada karakterisktik Aka Cholik Darlin sebagai pemimpin yang akan memberikan kedamaian pada masyarakat, edukasi, dan keagamaan. Kedua, promosi dalam marketing politik pada tayangan tersebut promosi Aka Cholik TV Aka Cholik akan mengundang melibatkan peran generasi muda. Kata kunci: Marketing politik, Aka Cholik, Youtube.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: PERPUSTAKAAN FISIP
Date Deposited: 28 Feb 2024 07:04
Last Modified: 28 Feb 2024 07:04
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/35576

Actions (login required)

View Item View Item