Peran Masyarakat Dalam Menanggulangi Pencemaran Air Akibat Perendaman Karet Yang Dilakukan Oleh Kelompok Tani Di Desa Daya Makmur Kecamatan Muara Padang Kabupaten Banyuasin

Zuhairia, Nyayu Andin Siti (2024) Peran Masyarakat Dalam Menanggulangi Pencemaran Air Akibat Perendaman Karet Yang Dilakukan Oleh Kelompok Tani Di Desa Daya Makmur Kecamatan Muara Padang Kabupaten Banyuasin. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
cover skripsi andin bener nian.pdf

Download (83kB)
[img] Text
ABSTRAK skripsi Andin bener nian.pdf

Download (260kB)
[img] Text
BAB 1 skripsi andin bener nian.pdf
Restricted to Registered users only

Download (778kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II skripsi Andin bener nian.pdf
Restricted to Registered users only

Download (713kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III skripsi Andin bener nian.pdf
Restricted to Registered users only

Download (401kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV Skripsi Andin Bener nian.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V Skripsi Andin bener nian.pdf
Restricted to Registered users only

Download (339kB) | Request a copy
[img] Text
dapusss skripsi andin bener nian.pdf

Download (153kB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “PERAN MASYARAKAT DALAM MENANGGULANGI PENCEMARAN AIR AKIBAT PERENDAMAN KARET YANG DI LAKUKAN OLEH KELOMPOK TANI DESA DAYA MAKMUR KECAMATAN MUARA PADANG KABUPATEN BANYUASIN”. Menggambarkan upaya masyarakat dalam menanggulangi pencemaran air akibat perendaman karet yang di lakukan oleh kelompok tani. Permasalahan dalam skripsi ini yaitu bagaimana kondisi lingkungan sekitar semenjak adanya pencemaran air, bagaimana upaya masyarakat dalam menanggulangi pencemaran air, dan bagaimana hasil yang di lakukan masyarakat dalam upaya penanggulangan pencemaran air. Tujuannya yaitu untuk mengetahui dan menganalisis kondisi lingkungan sekitar dalam upaya menanggulangi pencemaran air, untuk mengetahui apa saja upaya masyarakat dalam penanggulangan air dan untuk menganalisa hasil dari penanggulangan pencemaran air tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), dengan pengelolaan data deskriptif kualitatif. Sumber data yang dikaji terdiri dari data primer dan data sekunder, dengan pendekatan sosiologis, teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, dokumentasi dan observasi. Teknik pengelolaan data diawali dari pencarian sumber, penganalisaan sumber dengan menggunakan kritik intern dan ektern, pengelompokan atau kategori data berdasarkan bab dan sub bab, dan langkah terakhir penarikan kesimpulan. Temuan dalam penelitian ini adalah: Pertama kondisi lingkungan sekitar menjak adanya pencemaran air menjadi baud an air di sungai tidak bisa di gunakan lagi serta pencemaran baunya mengganggu aktifitas masyarakat sekitar. Kedua upaya yang telah di lakukan masyarakat adalah dengan pembuatan kolam stabilisasi untuk menampung air yang telah tercemar. Tiga hasil dari upaya masyarakat dalam menanggulangi pencemaran air dengan cara pembuatan kolam stabilisasi dapat menjadi solusi terbaik bagi masyarakat sekitar.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 300 Ilmu Sosial (Umum)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70231 - Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Nyayu Andin Siti Zuhairia
Date Deposited: 18 Mar 2024 01:28
Last Modified: 18 Mar 2024 01:28
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/35596

Actions (login required)

View Item View Item