Validitas Media Infografis Mengenai Kerusakan Tanaman Padi Oleh Serangga Hama Sebagai Bahan Penunjang Pada Materi Keanekaragaman Hayati Kelas X SMA/MA

Nurjanah, Lilis (2024) Validitas Media Infografis Mengenai Kerusakan Tanaman Padi Oleh Serangga Hama Sebagai Bahan Penunjang Pada Materi Keanekaragaman Hayati Kelas X SMA/MA. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
cover skripsi.pdf

Download (190kB)
[img] Text
abstrak skripsi.pdf

Download (188kB)
[img] Text
BAB 1 Skripsi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (597kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 2 Skripsi -27-51.pdf
Restricted to Registered users only

Download (546kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3 Skripsi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (491kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4 Skripsi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5 Skripsi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB) | Request a copy
[img] Text
Dapus Skripsi.pdf

Download (459kB)

Abstract

Permasalahan yang sering ditemukan dalam kegiatan belajar adalah terbatasnya media pembelajaran. Kurangnya penggunaan media belajar menyebabkan rendahnya minat belajar peserta didik sehingga hasil belajar menjadi rendah. .Oleh karenanya, pendidik perlu melakukan pemilihan suatu media secara tepat dan terampil guna menarik visual peserta didik. Salah satu contoh dari media visual adalah media infografis. Media infografis merupakan teknik penyajian informasi secara visual atau grafis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil validasi terhadap media infografis pada materi keanekaragaman hayati dan untuk mengetahui hasil identifikasi gejala kerusakan pada tanaman padi oleh serangga hama. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development / R&D) dengan model 4-D yang telah dimodifikasi menjadi 3D yaitu Define (pendefinisian), tahap Design (perancangan), dan tahap Develop (pengembangan). Sedangkan penelitian identifikasi kerusakan tanaman padi oleh serangga hama menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode survey yaitu melakukan pengamatan secara langsung pada tiga lahan sawah varietas padi ciliwung, ciherang dan inpari 42 di Desa Karang Mulya Kabupaten OKU Timur. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa media infografis yang telah divalidasi oleh para validator ahli media, ahli bahasa dan ahli materi diperoleh rata-rata 92,6 % dengan kategori sangat layak. Serangan serangga hama pada tanaman padi didapatkan 21 gejala kerusakan. Keragaman serangga hama yang menyerang dan menyebabkan kerusakan pada tanaman padi terjadi karena faktor lingkungan seperti terdapat banyak gulma disekitar lahan persawahan, varietas padi yang ditanam, serta jadwal tanam padi yang tidak serempak sehingga memicu peningkatan populasi serangga hama.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Validitas, Infografis, Gejala Kerusakan
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: LILIS NURJANAH 2010207007
Date Deposited: 01 Mar 2024 01:29
Last Modified: 01 Mar 2024 01:29
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/35672

Actions (login required)

View Item View Item