EFEKTIFITAS KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK ASSERTIVE TRAINING DALAM MENINGKATKAN INTERAKSI SOSIAL PADA REMAJA DI PUSAT REHABILITASI NARKOBA AR RAHMAN PALEMBANG

Dwi, Septasari (2024) EFEKTIFITAS KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK ASSERTIVE TRAINING DALAM MENINGKATKAN INTERAKSI SOSIAL PADA REMAJA DI PUSAT REHABILITASI NARKOBA AR RAHMAN PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, Uin Raden Fatah Palembang.

[img] Text
revisi sidang dwi septa.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Skripsi yang berjudul “Keefektifan Konseling Kelompok Dengan Teknik Assertive Training Dalam Meningkatkan Interaksi Sosial Pada Remaja Dipusat Rehabilitasi Narkoba Ar Rahman Palembang”. Yang melatar belakangi penelitian ini ialah banyak ditemui beberapa remaja yang masih belum berani atau belum terbiasa berinteraksi dengan sesama remaja dan lingkungannya, interaksi sosial adalah suatu hal yang sangat melekat pada diri manusia sebagai mana yang diketahui manusia adalah makhluk sosial, oleh karena itu interaksi sosial menjadi salah satu ciri yang melekat pada kehidupan manusia sehari-hari. Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui gambar tingkat interaksi sosial pada remaja serta keefektifan konseling kelompok dengan teknik assertive training dalam meningkatkan interaksi sosial pada remaja dipusat rehabilitasi narkoba ar rahman Palembang. Pendekatan dalam penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksprimental yang mana desain penelitian quasi eksprimen one group pretest dan posttest design. Populasi berjumlah 30 orang, dimana teknik pengambilan sampel yaitu dengan melihat rentang usia dari 13 sampai dengan 20 tahun, sehingga mendapatkan sampel 6 orang dari keseluruhan populasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu melalui kuisioner dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan uji wilcoxcon. Hasil penelitian pertama menunjukkan gambar tingkat interaksi sosial dikalangan remaja berada pada kategori sedang dengan presentase 66%. Hasil uji wilcoxson menunjukkan bahwa asymp.sig (2-tailed) bernilai 0,027, maka dapat disimpulkan bahwa konseling kelompok dengan teknik assertive training efektif digunakan dalam meningkatkan interaksi sosial pada remaja dipusat rehabilitasi narkoba Ar-Rahman Palembang. Yang berarti Hₐ diterima dan Hₒ ditolak.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Konseling Kelompok, teknik assertive training, interaksi sosial
Subjects: Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: DWI SEPTASARI 1810502119
Date Deposited: 01 Mar 2024 01:30
Last Modified: 01 Mar 2024 01:30
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/35740

Actions (login required)

View Item View Item