IMPLEMENTASI AKAD AL-MUSAQAH DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT (Studi Pada Petani Kopi Di Desa Segamit Kecamatan Semende Darat Ulu Kabupaten Muara Enim)

Nahara, Yauma (2024) IMPLEMENTASI AKAD AL-MUSAQAH DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT (Studi Pada Petani Kopi Di Desa Segamit Kecamatan Semende Darat Ulu Kabupaten Muara Enim). Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
cover skrpsi yauma.pdf

Download (34kB)
[img] Text
abstrak yauma.pdf

Download (13kB)
[img] Text
bab 1 dan 5 yauma.pdf

Download (1MB)
[img] Text
dafus skripsis yauma.pdf

Download (243kB)

Abstract

ABSTRAK Yauma Nahara 1930602244 Masyarakat desa Segamit merupakan masyarakat hampir sebagian besar pendapatanya dari pertanian. Karena tidak semua mememiliki kebun sendiri untuk digarap dari sebagian petani penggarap kebun orang lain untuk memenuhi kebutuhan ekonominya dan juga meningkatkan kesejahteraan masyarakat Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui bagaimana pelaksanan Implementasi Akad Al-Musaqah Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat (Studi Pada Petani Kopi di Desa Segamit Kecamatan Semende Darat Ulu Kabupaten Muara Enim), dan juga bagaimana damapak dari implementasi akad musaqah dalam meningkatkan kesejhteraan masyarakat di desa Segamit. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif dengan data primer dan sekunder. Pengumpulan data mengunakan metode observasi, wawancara, dan dokumetasi.Hasil dari penelitian menujukan bahwa implementasi akad musaqah di desa Segamit memakai sistem perjanjian berdasarkan adat istiadat melalui musyawarha kekeluargan untuk medapatkan kesepakatan yakni perjanjian yang di ungkapkan secara lisan, mengnai pendapatan di bagi dua setelah penjualan dan di kurang dengan biaya pengelolan. Damapak dari kerjasama perjanjian ini bagi kesejahteraan masyarakat mengakat perekonomian kedua belah pihak tercukupi indikator kesejahteraan dari pemeliharan yang meliputi agama, pemeliharan jiwa, pemeliharan akal, pemelihaarn keturunan, pemeliharan harta. Kata Kunci: Akad Musaqah, Kesejahteraan

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: YAUMA NAHARA 1930602244
Date Deposited: 04 Mar 2024 01:26
Last Modified: 04 Mar 2024 01:26
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/35799

Actions (login required)

View Item View Item