“Kepercayaan Masyarakat Suku Jawa Desa Sumber Mulyo Kabupaten Banyuasin Terhadap Ramalan Weton Jodoh Dalam Pandangan Aqidah Islam

Sarifah, Amanatus (2024) “Kepercayaan Masyarakat Suku Jawa Desa Sumber Mulyo Kabupaten Banyuasin Terhadap Ramalan Weton Jodoh Dalam Pandangan Aqidah Islam. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
SKRIPSI AMANATUS SARIFAH.pdf

Download (2MB)
[img] Text
SKRIPSI AMANATUS SARIFAH.pdf

Download (2MB)
[img] Text
SKRIPSI AMANATUS SARIFAH.pdf

Download (2MB)
[img] Text
SKRIPSI AMANATUS SARIFAH.pdf

Download (2MB)
[img] Text
SKRIPSI AMANATUS SARIFAH.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Kepercayaan Masyarakat Suku Jawa Desa Sumber Mulyo Kebupaten Banyuasin Terhadap Ramalan Weton Jodoh Dalam Pandangan Aqidah Islam”.Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kepercayaan masyarakat suku Jawa terkait dengan ramalan weton jodoh. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui praktek, faktor-faktor dan kepercayaan masyarakat suku Jawa Desa Sumber Mulyo Kabupaten Banyuasin terhadap ramalan weton jodoh dalam pandangan aqidah Islam. Metode penelitian dalam skripsi ini dikaji dengan penelitian lapangan (Field Research). Metode dan pendekatan penelitian menggunakkan pendekatan kualitatif. Sumber data, yaitu 1.Sumber Data Primer (kepada masyarakat Desa Sumber Mulyo yang terdiri dari tokoh adat, tokoh agama, tokoh masyarakat dan 10 orang sebagai pelaku tradisi), 2.Sumber Data Sekunder (berupa literatur dan dekumentasi yang ada kaitanya dengan penelitian ini baik dari buku, jurnal, artikel, skripsi, internet dan hasil penelitian). Selanjutnya, teknik pengumpulan data mencakup observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik yang digunakan dalam analisis data adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar masyarakat Desa Sumber Mulyo masih menggunakan ramalan weton jodoh dalam pernikahan dengan perhitungan yang menyakini. Adapun faktor yang mempengaruhi masyarakat suku Jawa Desa Sumber Mulyo percaya terhadap ramalan weton jodoh yaitu faktor pendidikan, faktor pemahaman dalam nilai-nilai agama, munculya rasa ketakutan terhadap kutukan atau imbas dari tradisi serta terdapat bukti atau fakta berupa beberapa kejadian hitungan weton jodoh yang membawa pengaruh positif dan negatif. Namun, dalam pandangan aqidah Islam hitungan ramalan weton jodoh merupakan perbuatan yang dilarang karena percaya kepada ramalan merupakan perbuatan syirik, meskipun demikian diakui sebagai warisan budaya, harus dipahami dalam konteks aqidah Islam yang menyakini bahwa hanya Allah SWT yang memegang kendali penuh atas segala hal, termasuk jodoh manusia. Sebagaimana firman Allah dalam surat An-Naml ayat 65 yang artinya katakanlah (muhammad) tidak ada sesuatu pun di langit dan di bumi yang mengetahui perkara yang gaib, kecuali Allah, dan mereka tidak mengetahuikapan mereka akan di bangkitkan. Kata Kunci : Kepercayaan, Perhitungan Weton Jodoh, Aqidah Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ushuludin dan Pemikiran Islam > Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam > 76232 - Aqidah dan Filsafat Islam
Depositing User: Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam
Date Deposited: 18 Mar 2024 01:28
Last Modified: 18 Mar 2024 01:28
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/36090

Actions (login required)

View Item View Item