Khatami, Abdul Hamid (2023) PENGUATAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB PESERTA DIDIK MELALUI METODE PEMBERIAN TUGAS DI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) 1 PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang.
|
Text
COVER.pdf Download (23kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (6kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (190kB) | Request a copy |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (223kB) | Request a copy |
||
Text
BAB 111.pdf Restricted to Registered users only Download (140kB) | Request a copy |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (167kB) | Request a copy |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (39kB) | Request a copy |
||
|
Text
DAPUS.pdf Download (104kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilakukan karena pada pengamatan awal di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Palembang, terdapat permasalahan mengenai penguatan karakter tanggung jawab peserta didik melalui metode pemberian tugas di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Palembang. Adapun permasalahannya yaitu kurangnya rasa tanggung jawab peserta didik, kurangnya motivasi peserta didik terhadap rasa tanggung jawab, dan kurangnya pembelajaran peserta didik mengenai rasa tanggung jawab. Maka dari itu, penelitian ini dilakukan guna mengetahui penguatan karakter tanggung jawab peserta didik melalui metode pemberian tugas di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Palembang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif. Dimana data primer dan sekunder diperoleh dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini peneliti mewawancarai kepala madrasah, waka kurikulum, guru mata pelajaran fiqih, dan peserta didik. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan penguatan karakter tanggung jawab peserta didik melalui metode pemberian tugas di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Palembang sudah diterapkan dengan cukup baik tetapi kurang maksimal karena terkendala oleh salah satu dua orang peserta didik. Bentuk penguatan karakter tanggung jawab peserta didik melalui metode pemberian tugas yang dilakukan yaitu dengan mengerjakan tugas. Faktor pendukung dalam penguatan karakter tanggung jawab peserta didik melalui metode pemberian tugas ini yaitu sarana dan prasarana yang cukup dan memadai, dan guru yang selalu mendukung dan mengsuport segala kegiatan yang ada, keluarga dan linkungan, sedangkan faktor penghambat yaitu kondisi peserta didik, guru tidak tepat sasaran dalam perencanaan, peserta didik sulit membagi waktu untuk mengerjakan tugas sekolah ataupun tugas rumah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penguatan, karakter tanggung jawab, metode pemberian tugas |
Subjects: | Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1) |
Depositing User: | ABDUL HAMID KHATAMI 1930202265 |
Date Deposited: | 27 Mar 2024 02:09 |
Last Modified: | 27 Mar 2024 02:09 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/36367 |
Actions (login required)
View Item |