PENDEKATAN TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN (STUDI KASUS PADA KLIEN “K” REMAJA DI PANTI ASUHAN BUNDA BANYUASIN)

azahara, (2023) PENDEKATAN TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN (STUDI KASUS PADA KLIEN “K” REMAJA DI PANTI ASUHAN BUNDA BANYUASIN). Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
REVISI SIDANG ARA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, gambaran kedisiplinan pada klien “K” di Panti Asuhan Bunda Banyuasin dan penerapan teknik self management untuk meningkatkan kedisiplinan klien “K” di Panti Asuhan Bunda Banyuasin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif lapangan (field research) dan metode studi kasus. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah perjodohan pola, eksplanasi, dan analisis deret waktu. Subjek penelitian ini adalah klien “K” , teman klien “K” dan Pengurus Panti. Gambaran kedisiplinan klien “K” dapat dilihat dari 4 aspek yaitu : aspek peraturan klien “K” merupakan orang yang kurang taat dalam peraturan-peraturan yang ada di Panti Asuhan. Pada aspek hukuman klien “K” sering melanggar peraturan dan sering mendapat teguran dari pengurus panti. Pada aspek penghargaan klien “K” sering juga mendapatkan penghargaan atau pujian dari pengurus panti asuhan. Pada aspek konsistensi klien “K” bisa berubah dan konsisten dalam meningkatkan kedisiplinan. Penerapan teknik self management pada klien “K” berjalan sesuai langkah-langkah teknik self management.hasil penerapan Teknik self management pada klien “K” yang pertama yaitu aspek peraturan klien “K” sudah mulai menaati Kembali peraturan-peraturan yang ada di panti. Pada aspek kedua yaitu hukuman klien “K” sudah tidak melakukan kesalahan dan mulai patuh terhadap pengurus panti. Aspek ketiga penghargaan yaitu klien”K” sudah mulai melakukan hal-hal yang positif sehingga ia sering mendapatkan penghargaan. Aspek ke empat yaitu konsistensi klien “K” sudah mulai berubah dan konsisten ingin disiplin lagi kedepannya. Kata kunci : Teknik Self Management,Kedisiplinan

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: teknik self management, kedisiplinan
Subjects: Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: AZAHARA 1930502074
Date Deposited: 24 Jul 2024 02:18
Last Modified: 24 Jul 2024 02:18
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/36390

Actions (login required)

View Item View Item