Kajian Ma'anil Hadis Tentang Berlaku Adil Terhadap Anak

Putri, Kavita Utari Ruslina (2024) Kajian Ma'anil Hadis Tentang Berlaku Adil Terhadap Anak. Kajian Ma'anil Hadis Tentang Berlaku Adil Terhadap Anak.

[img] Text
jurnal kavita utari Rp New 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (946kB)
[img] Text
jurnal kavita utari Rp New 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (946kB)
[img] Text
jurnal kavita utari Rp New 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (946kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana analisis ma’anil hadis terhadap anak serta bagaimana kontesktualisasi hadis terhadap kehidupan sekarang ini. Penelitiaan ini bersifat library research dengan menggunakan metode ma’anil hadis yang digunakan oleh Yusuf Qardhawi. Hasil penelitian ini adalah bahwa pertama, berlaku adil yang harus diterapkan oleh setiap orang tua berdasarkan hadis Nabi Saw artinya berlaku adil berdasarkan skala prioritas kebutuhan setiap anak. Hal tersebut dimaksudkan agar setiap anak merasa bahwa hak mereka dapat terpenuhi walaupun pada dasarnya jika dilihat dari skala jumlah memang berbeda. Namun orang tua harus bisa memberikan penjelasan terkait hal tersebut sehingga anak tidak merasa dibeda-bedakan dengan saudara lainnya. Kedua terkait kontesktualisasi hadis untuk berlaku adil kepada anak pada kehidupan sehari-hari bisa dilakukan dengan cara sebagai berikut : 1) memberikan penjelasan kepada anak bahwa tidak semua hal yang mereka inginkan dapat dipenuhi oleh orang tua, 2) menjadi orang tua yang fleksibel, 3) perlakukan anak sesuai dengan kebutuhan mereka. Kata kunci : Berlaku Adil, Anak, Hadis

Item Type: Article
Subjects: Ushuludin dan Pemikiran Islam > Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Ushuludin dan Pemikiran Islam > Ilmu Hadits
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam > 76235 - Ilmu Hadis
Depositing User: KAVITA UTARI RUSLINA PUTRI 1730303043
Date Deposited: 28 Mar 2024 01:48
Last Modified: 28 Mar 2024 01:49
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/36463

Actions (login required)

View Item View Item