PENERAPAN TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MEMBANTU PENYESUAIAN DIRI BAGI ORANG DENGAN HIV/AIDS (ODHA) DI YAYASAN SRIWIJAYA PLUS PALEMBANG

UMIKA, TITANIA FEBBYA DINA (2024) PENERAPAN TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MEMBANTU PENYESUAIAN DIRI BAGI ORANG DENGAN HIV/AIDS (ODHA) DI YAYASAN SRIWIJAYA PLUS PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
COVER.pdf

Download (76kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (145kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (149kB)
[img] Text
BAB I - V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (521kB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah yang Pertama umtuk mendeskripsikan penyesuain diri orang dengan HIV AIDS di Yayasan Sriwijaya Plus Palembang. Kedua untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan Teknik Self Management untuk meningkatkan penyesuain diri bagi orang dengan HIV AIDS di Yayasan Sriwijaya Plus Palembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data, wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu reduksi data, display data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa yang Pertama Penyesuain diri orang dengan HIV AIDS sesuai dengan aspek-aspek penyesuain diri yang pertama yaitu kesadaran selektif dimana individu mampu melaksanakan seleksi terhadap berbsgai tekanan yang ada dan bisa merespon secara tepat permasalahan yang ada tanpa membahayakan dirinya sendiri. kedua kempuan toleransi dimana bisa menerima dan menganggap orang lain itu ada dan bisa menerima peraturang yang ada pada lingkunggannya. Ketiga otonomi mempunyai kemampuan melakukan hubungan emosional secara bebas dengan orang lain dan bisa mengambil keputusan secara bebas dan otonomi nilai-nilai. Keempat integritas pribadi penyesuain sosial yang ada rasa cemas atapun takut dalam menghadapi hal-hal yang baru, tidak panik dalam menghadapi kesulitan atau hambatan dan bisa menyelesaikannya secara tenang dan pikira yang positif. Kedua penerapan teknik self management pada tahap ini “F” “R” ”Y” diberikan waktu untuk mengintropeksi diri dan mebuatnya jadi pelajaran, pada tahap ini konseli berperan untuk membantu “F” “R” “Y” ke hal-hal yang lebih baik lagi. Untuk meningkatkan penyesuain diri orang dengan HIV AIDS keluarga atau orang terdekatnya selalu mensuport mereka dan meyakinkan mereka bahwa mereka bisa diterima oleh masyarakat dengan baik. Karena penularan HIV AIDS ini tidak semudah itu ada beberapa cara penularannya, dengan mereka rajin mengkonsumsi obat dan menjaga kebersihan mereka tetap bisa hidup.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Self Management, Penyesuaian diri, HIV/AIDS (ODHA),
Subjects: Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: TITANIA FEBBYA DINA UMIKA 1920502057
Date Deposited: 01 Apr 2024 01:18
Last Modified: 01 Apr 2024 01:18
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/36513

Actions (login required)

View Item View Item