SARIMAN, NIM. 10 21 0132 (2018) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN FIQIH MATERI MAKANAN HALAL DAN HARAM DALAM ISLAM DI MTs AL-ROZI SEDUPI KEC. TANAH ABANG KAB. PALI. Diploma thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH.
Text
SARIMAN (10210132).pdf Download (4MB) |
Abstract
Secara spesifikasi penelitian ini berjudul “Efektivitas Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournament Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran Fiqih Materi Makanan Halal dan Haram Dalam Islam di MTs Al-Rozi Sedupi Kec. Tanah Abang Kab. Pali”. Peneliti melakukan penelitian ini desebabkan karena keingintahuan peneliti mengenai efektivitas model pembelajaran cooperative learning tipe teams games tournament terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran fiqih materi makanan halal dan haram dalam islam dengan melihat dari proses pembelajaran dari hasil belajar siswa di MTs Al-Rozi Sedupi Kec. Tanah Abang Kab. Pali. Pokok permasalah yang menjadi fokus penelitian adalah Bagaimana hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe teams games tournament dan apakah efektivitas model pembelajaran cooperative learning tipe teams games tournament terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran fiqih materi makanan halal dan haram dalam Islam di MTs Al-Rozi Sedupi Kec. Tanah Abang Kab. Pali. Dalam penelitian ini yang menjadi sample adalah siswa MTs Al-Rozi Sedupi yang berjumlah 24 siswa. Data yang dipergunakan dalam penelitian ini dapat dikelompokkan dua jenis yaitu antara data kuantitatif dan kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dekumentasi, test. Dari hasil penelitian diperoleh, siswa yang tuntas sebelum menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe teams games tournament sebanyak 7 siswa dan yang tidak tuntas 17 siswa, sedangkan siswa yang tuntas setelah menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe teams games tournament sebanyak 18 siswa dan siswa yang tidak tuntas sebanyak 6 siswa. Untuk menguji signifikansi hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe teams games tournament , digunakan rumus uji ”t” dan diperoleh sebesar 7,01. Perhitungan dengan membandingkan baik pada taraf signifikan 5% atau pada taraf signifikan 1% adalah: 2,07 < 7,01 > 2,81. Berdasarkan hasil analisis data penelitian ini dapat disimpulkan bahwa efektivitas model pembelajaran cooperative learning tipe teams games tournament dapat meningkatkan hasil belajar siswa hal ini terbukti dengan adanya perbedaan signifikan antara hasil belajar sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe teams games tournament, ini berarti Ha yang berbunyi “Efektivitas dalam penggunaan model pembelajaran cooperative learning tipe teams games tournament terhadap hasil belajar siswa di MTs Al-Rozi”, dapat diterima sedangkan Ho ditolak atau tidak disetujui.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? L1 ?? |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 15 Feb 2019 02:29 |
Last Modified: | 15 Feb 2019 02:29 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/3659 |
Actions (login required)
View Item |