PENGARUH PENERAPAN METODE ROLE PLAYING DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTS NEGRI 2 MODEL PALEMBANG

Reni Rapita, Nim. 14210194 (2018) PENGARUH PENERAPAN METODE ROLE PLAYING DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTS NEGRI 2 MODEL PALEMBANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH.

[img] Text
RENI RAPITA (14210194).pdf

Download (6MB)

Abstract

Motivasi belajar merupakan salah satu faktor yang turut menentukan keefektifan dalam pembelajaran. Agar proses belajar mengajar dapat berhasil dengan baik, siswa sebaiknya diajak untuk memanfaatkan semua alat indranya. Ada banyak faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa salah satunya adalah faktor guru. Guru sangat berperan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa diantaranya dengan cara mengusahakan metode mengajar yang tepat dan memilih media termasuk alat peraga yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih sebelum penerapan metode role playing dengan menggunakan media video di MTs Negeri 2 Model Palembang, untuk mengetahui motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih sesudah penerapan metode role playing dengan menggunakan media video di MTs Negeri 2 Model Palembang dan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih setelah penerapan metode role playing dengan menggunakan media video di MTs Negeri 2 Model Palembang. Metode penelitian ini adalah eksperimen dengan desain one group pretest posttest design, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII C, VIII D dan VIII E. Sampel penelitian ini siswa kelas VIII D yang berjumlah 27 siswa dengan teknik sampling purposive. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik angka dan skor, kemudian diolah dengan tabel frekuensi. Selanjtnya untuk melihat pengaruh penerapan metode role playing dengan media video terhadap motivasi belajar dengan menggunakan uji-t dengan taraf signifikan 1% dan 5%. Hasil dari penelitian ini yaitu ada pengaruh penerapan metode role playing dengan menggunakan media video terhadap motivasi belajar siswa, Dilihat dari mean pada posttest 66,5 dan mean pretest 57 nilai mean posttest lebih tinggi dari pada nilai mean pretest. Hal ini menunjukan bahwa memang bener metode role playing dengan menggunakan media video berpengaruh meningkatkan motivasi belajar siswa. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penerapan metode role playing dengan menggunakan media video terhadap motivasi belajar siswa dalam penelitian ini maka dilakukan uji statistik yaitu uji-t. Dari hasil uji-t membuktikan bahwa hasil t hitung lebih besar dari pada t tabel baik pada taraf dignifikan 5% maupun 1% (1,705 >8,93>2,478). Hal ini menunjukan bahwa “Ada pengaruh penerapan metode role playing dengan menggunakan media video terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di MTs Negeri 2 Model Palembang”.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? L1 ??
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 22 Feb 2019 02:06
Last Modified: 22 Feb 2019 02:06
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/3695

Actions (login required)

View Item View Item