TINJAUAN HUKUM EKONOMI SYARIAH TERHADAP HAK PENGHARGAAN MASA KERJA BAGI KARYAWAN (PHK) PADA PT. SAWIT ARGO LESTARI DESA RIMAU SUNGSANG KECAMATAN BANYUASIN II

Damayanti, Rika (2023) TINJAUAN HUKUM EKONOMI SYARIAH TERHADAP HAK PENGHARGAAN MASA KERJA BAGI KARYAWAN (PHK) PADA PT. SAWIT ARGO LESTARI DESA RIMAU SUNGSANG KECAMATAN BANYUASIN II. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Slideshow
Revisi Skripsi Rika Damayanti.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Fenomena pemutusan hubungan kerja tidak terlepas dari tidak seimbangnya antara lapangan kerja dengan jumlah angkatan kerja. Jumlah lapangan kerja dan angkatan kerja yang tidak seimbang merupakan salah satu penyebab munculnya pengangguran. Jumlah pengangguran yang besar terkadang membuat perusahaan-perusahaan merasa memiliki keuntungan dengan tersedianya pekerja yang memadai. Perusahaan tidak merasa rugi bila memutus hubungan kerja. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa (1) Hak penghargaan masa kerja nagi kaeryawan pada Pt. Sawit Argo Lestari meliputi Pemberian uang pesangon pada kaeryawan pada PT. Sawit Argo Lestari tidak sesuai dengan peraturan Undang-Undang Nomor 13 Thun 2003 tentang ketenagakerjaan yang mana perusahan memotong 5% uang pesangon pada karyawan karena adanya pengurangan karyawan. Hal ini menyebabkan karyawan sangat dirugikan oleh PT. Sawit Argo Lestari yang tidak memberikan uang pesangon secara utuh. (2) Tinjaun Hukum Ekonomi Syariah Terhadap Hak Penghargaan Masa Kerja Bagi Karyawan (PHK) Pada PT. Sawit Argo Lestari melalui akad ijarah, dimana hak penghargaan masa kerja bagi karyawan (PHK) harus diberikan kepada karyawan sebagai upah selama bekerja. Adapun hak penghargaan masa kerja bagi karyawan yang diberikan PT. Sawit Argo Lestari kepada keryawan tidak sesuai dengan hukum ekonomi syariah sebagaimana dijelaskan dalam Al-Qur’an dan Sabda Nabi Muhammad Saw, dalam hal ini pemberian hak penghargaan belum sesuai dengan Q.S Al-Maidah.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Hukum Ijarah Ketenagakerjaan Pemutusan Hubungan Kerja
Subjects: Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Mu'amalah)
Depositing User: RIKA DAMAYANTI 1910104018
Date Deposited: 03 May 2024 03:25
Last Modified: 03 May 2024 03:25
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/36965

Actions (login required)

View Item View Item