SANKSI PIDANA BAGI PELAKU PENJUALAN ORGAN TUBUH MANUSIA MENURUT PERSFEKTIF HUKUM PIDANA ISLAM

KIAGUS, MUHAMMAD DZIMAM (2024) SANKSI PIDANA BAGI PELAKU PENJUALAN ORGAN TUBUH MANUSIA MENURUT PERSFEKTIF HUKUM PIDANA ISLAM. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
Cover.pdf

Download (61kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (51kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (152kB)
[img] Text
Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (367kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (59kB) | Request a copy

Abstract

Manusia sebagai makhluk yang berperadaban, selalu berkreasi dan berinovasi. Tak terkecuali penemuan teknologi di bidang ilmu kesehatan. Sesuatu yang dahulunya sulit bahkan tidak mungkin untuk dilakukan, dengan adanya teknologi yang canggih sekarang dapat mudah dilakukan. Sebagai contoh adalah maraknya kasus penjualan organ tubuh manusia. Pada umumnya, kasus jual beli organ tubuh manusia terjadi karena adanya kesepakatan anatara kedua belah pihak, sehingga tidak ada pihak yang melaporkan perbuatan tersebut sebagai suatu tindak pidana, sehingga aparat penegak hukum tidak mengetahui bahwa telah terjadi tindak pidana jual beli organ tubuh manusia. Skripsi ini berjudul tentang Sanksi Pidana Bagi Pelaku Penjualan Organ Tubuh Manusia Menurut Persfektif Hukum Pidana. Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana Sanksi Pidana Bagi Pelaku Penjualan Organ Tubuh Manusia Dalam Hukum Positif dan Hukum Pidana Islam. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian kepustakaan yang disebut pula dengan istilah Library Research yaitu penelitian yang menekankan sumber informasinya dari buku-buku hukum, kitab Undang-undang hukum pidana (KUHP), kitab fiqh, jurnal dan literatur yang berkaitan atau relevan dengan objek kajian. Adapun sumber data penelitian ini bersumber dari bahan hukum primer. Penelitian ini berasal dari literature bacaan antara lain dari kitab-kitab, buku bacaan, naskah sejarah, sumber bacaan media massa maupun sumber bacaan lainnya. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa sanksi pidana bagi pelaku perdagangan organ tubuh yaitu seperti yang dijelaskan dalam Pasal 192 yang mengatur tentang sanksi pidana PP No. 18 Tahun 1981 tentang Bedah Mayat Klinis dan Bedah Mayat Anatomis Serta Transplantasi Alat atau Jaringan Tubuh Manusia, dalam Pasal 17 Dilarang memperjual belikan alat atau jaringan tubuh manusia dan Pasal 18 Dilarang mengirim dan menerima alat dan atau jaringan tubuh manusia dalam semua bentuk ke dan dari luar negeri. Pandangan hukum pidana Islam tentang tindak pidana perdagangan manusia (trafficking). Dalam perkara tindak pidana perdagangan manusia bagi pelaku dikenai hukuman ta’zir, sedangkan ta’zir menurut bahasa adalah menolak, kebesaran, pengajaran. Kata Kunci : Sanksi Pidana, Jual Beli Organ Tubuh, Hukum Pidana Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Sanksi Pidana, Jual Beli Organ Tubuh, Hukum Pidana Islam
Subjects: 200 Agama > 297 Islam > 2x0 Karya Islam Umum
200 Agama > 297 Islam > 2x1 Al-Quran dan Ilmu Terkait
200 Agama > 297 Islam > 2x4 Fiqih
300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 380 Perdagangan, komunikasi dan transportasi > Perdagangan dalam negeri
300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 380 Perdagangan, komunikasi dan transportasi > Perdagangan internasional (Perdagangan luar negeri)
600 Teknologi > Kedokteran (umum)
Syariah dan Hukum > Hukum Pidana Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74231 - Hukum Pidana Islam (Jinayah)
Depositing User: KIAGUS MUHAMMAD DZIMAM 2010103004
Date Deposited: 06 May 2024 01:23
Last Modified: 06 May 2024 01:23
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/37180

Actions (login required)

View Item View Item