UPAYA KEPOLISIAN DALAM MENANGGULANGI TINDAK PIDANA PENCURIAN BESI TOWER SUTET DI DESA PURUN KEC.PENUKAL KAB.PENUKAL ABAB LEMATANG ILIR DITINJAU DALAM HUKUM PIDANA ISLAM

Pamungkas, Adipati Gempa (2024) UPAYA KEPOLISIAN DALAM MENANGGULANGI TINDAK PIDANA PENCURIAN BESI TOWER SUTET DI DESA PURUN KEC.PENUKAL KAB.PENUKAL ABAB LEMATANG ILIR DITINJAU DALAM HUKUM PIDANA ISLAM. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
BAB 1 SKRIPSI SAYUDI-dikompresi.pdf

Download (247kB)
[img] Text
BAB II SKRIPSI SAYUDI.pdf

Download (666kB)
[img] Text
BAB III SKRIPSI SAYUDI.pdf

Download (310kB)
[img] Text
BAB V SKRIPSI SAYUDI.pdf

Download (460kB)
[img] Text
BAB IV SKRISPI SAYUDI.pdf

Download (695kB)

Abstract

ABSTRAK Kejahatan merupakan sebuah perbuatan yang melanggar peraturan perundang-undangan dan dianggap sebagai perbuatan pidana. Pemerintahan desa sebagai unit lembaga pemerintahan memiliki peran untuk mampu menjalankan roda pemerintahan desa dengan sebaik-baiknya dan mampu mengubah kehidupan masyarakat kearah yang lebih sejahtera, tentram, aman, adil dan damai. Ada dua hal yang diangkat menjadi fokus penelitian yaitu bagaimana peran pemerintahan desa dalam mencegah kejahatan begal (studi kasus Desa Jambu Ilir, Kecamatan Tanjung Lubuk, Kabupaten Ogan Komering Ilir) dan bagaimana tinjauan hukum pidana Islam terhadap kejahatan begal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran pemerintahan Desa Jambu Ilir, Kecamatan Tanjung Lubuk, Kabupaten Ogan Komering Ilir dalam upaya mencegah kejahatan begal serta tinjauan hukum pidana Islam terhadap kejahatan begal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode yuridis empiris yang hasil datanya didapat berdasarkan fakta dilapangan dengan mengunakan tehnik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa upaya yang dilakukan pemerintahan Desa dalam mencegah kejahatan begal dengan mengunakan 2 (dua) cara, yaitu: upaya preemtif (langkah awal) dan preventif (pencegahan). Tinjauan hukum pidana Islam terhadap hukuman kejahatan begal atau hirabah telah di atur dalam Surat Al-Maidah ayat 33.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Syariah dan Hukum > Hukum Pidana Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74231 - Hukum Pidana Islam (Jinayah)
Depositing User: Gempa Adipati Pamungkas
Date Deposited: 07 May 2024 01:30
Last Modified: 07 May 2024 01:30
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/37242

Actions (login required)

View Item View Item