INTERAKSI POLITIK KELOMPOK TANI DAN PEMERINTAH DESA PADA SAAT KONDISI GAGAL PANEN ( Studi Kasus Desa Sumber Suko Kecamatan Belitang Kabupaten OKU Timur)

Ana Pidatul Umahat, Ana (2024) INTERAKSI POLITIK KELOMPOK TANI DAN PEMERINTAH DESA PADA SAAT KONDISI GAGAL PANEN ( Studi Kasus Desa Sumber Suko Kecamatan Belitang Kabupaten OKU Timur). Undergraduate Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang.

[img] Text
cover anaaaaa.pdf
Restricted to Registered users only

Download (23kB) | Request a copy
[img] Text
abstrak ana.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13kB) | Request a copy
[img] Text
bab 1 ana.pdf
Restricted to Registered users only

Download (67kB) | Request a copy
[img] Text
bab 2 ana.pdf
Restricted to Registered users only

Download (85kB) | Request a copy
[img] Text
bab 3 ana.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB) | Request a copy
[img] Text
bab 4 ana.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB) | Request a copy
[img] Text
bab 5 ana.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10kB) | Request a copy
[img] Text
daftar pustaka anaa.pdf
Restricted to Registered users only

Download (128kB) | Request a copy

Abstract

Sebagian besar petani adalah petani berskala kecil, dengan kemampuan yang relatif lemah secara ekonomis, dan lemah dalam mengembangkan kapasitas dirinya Kelompok tani dan para Pertani Desa Sumber Suko pernah Mengalami Gagal Panen Dalam Produktivitas pertaniannya sehingga menyebabkan kerugian. Ada hal unik di desa Sumber Suko Para Petani pernah mengalami gagal Panen Sampe Tidak merasa putus asa untuk meningkatakan pekerjaan pertanian ini, bahkan malah mempertahankan, pemerintah Desa Juga Berinteraksi dengan Kelompok Tani Guna Untuk Memecahkan soal Permasalahan Gagal Panen Yang di sebabkan Oleh Hama, Cuaca, kelangkaan Pupuk. Penelitian ini mengkaji Interkasi kelompok tani dan pemerintah desa pada saat kondisi gagal panen untuk mengetahui konsep pengelolaan pertanian, serta mempertahankan produktivitas pertanian meskipun mengalami masa gagal panen dari para petani dan kelompok tani. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengambilan Informasinya yakni Purposive Sampling, dengan penentuan kriteria, sumber Data Primer berupa wawancara, sumber data sekunder berupa literatur. Hasil Penelitian ini adalah Interaksi Hubungan antara kelompok tani dan pemerintah desa. dapat menghubungkan rakyat dengan pemerintahan, terdapat petani yang tergabung dalam kelompok tani, beberapa di antaranya juga menjadi perangkat desa, berperan penting dalam meningkatkan pengetahuan dan mengembangkan potensi pertanian melalui kegiatan pendampingan, pelatihan, dan kesadaran terhadap alam. Dalam mengatasi kegagalan panen, mereka melakukan kegiatan pemberdayaan untuk mengidentifikasi hambatan, memungkinkan pengelolaan pertanian berikutnya lebih sukses. Kata Kunci:Interaksi Politik, Kelompok Tani, Pemerintah Desa, Gagal Panen

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Adab dan Humaniora > Politik Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > 74237 - Politik Islam
Depositing User: ANA PIDATUL UMAHAT 2030404066
Date Deposited: 07 May 2024 08:09
Last Modified: 07 May 2024 08:09
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/37289

Actions (login required)

View Item View Item