PERAN KEPOLISIAN RESOR KOTA BESAR PALEMBANG TERHADAP IMPLEMENTASI LARANGAN SANDAL JEPIT BERDASARKAN PERATURAN MENTERI PERHUBUNGAN PASAL 4 NOMOR 12 TAHUN 2019 DALAM PERSPEKTIF HUKUM PIDANA ISLAM (Studi di Kepolisian Resor Kota Besar Palembang)

Wahyudi, Andre (2000) PERAN KEPOLISIAN RESOR KOTA BESAR PALEMBANG TERHADAP IMPLEMENTASI LARANGAN SANDAL JEPIT BERDASARKAN PERATURAN MENTERI PERHUBUNGAN PASAL 4 NOMOR 12 TAHUN 2019 DALAM PERSPEKTIF HUKUM PIDANA ISLAM (Studi di Kepolisian Resor Kota Besar Palembang). Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
FULL BAB Buku.pdf

Download (2MB)

Abstract

Aktifitas transportasi sangat banyak dan padat khususnya di kota besar memikili tingkat angka mobilitas masyarakat sangatlah tinggi dalam hal penggunaan kendaraan, baik kendaraan pribadi maupun kendaraan umum, sehingga sangat sering terjadinya kecelakaan Lalu lintas, baik disebabkan oleh unsur kesengajaan ataupun kelalaian pengguna transportasi yang tentu mengancam risiko keselamatan jiwa dan harta benda para pengguna kendaraan. Penelitian ini menggunakan metode empiris penelitian yang objeknya mengenai gejala-gejala, peristiwa, dan fenomena yang terjadi di masyarakat, lembaga atau negara yang bersifat non pustaka dengan melihat fenomena yang terdapat di masyarakat yaitu dimana penelitian ini diperoleh dengan melakukan wawancara kepada pihak-pihak terkait, terutama kepada Kepolisian Resor Kota Besar Palembang. Hasil dalam penelitian ini yaitu peneliti menemukan bahwa penggunaan sandal jepit saat berkendara bermotor dapat membahayakan keselamatan pengendara dan pengguna jalan lainnya. Sandal jepit cenderung tidak memberikan perlindungan yang memadai dan bisa menyebabkan kehilangan keseimbangan atau terpeleset saat mengendarai kendaraan. Permenhub No. 12 Pasal 4 Tahun 2019 atau peraturan serupa mengatur penggunaan sepatu atau alas kaki yang aman saat berkendara. Aturan ini bertujuan untuk melindungi keselamatan pengendara dan mengurangi risiko kecelakaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Additional Information: Implementasi Larangan, Penerapan Sandal Jepit, Hukum Pidana Islam
Subjects: Syariah dan Hukum > Hukum Pidana Islam
Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara
Syariah dan Hukum > Hukum (Umum)
Depositing User: ANDRE WAHYUDI 1920103044
Date Deposited: 16 May 2024 02:25
Last Modified: 16 May 2024 02:25
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/37625

Actions (login required)

View Item View Item