PANDANGAN WAHBAH AZ-ZUHAILI DAN HAMKA TERHADAP KISAH BERGURUNYA NABI MUSA AS KEPADA NABI KHIDIR AS

Karima, Lisa Adati (2024) PANDANGAN WAHBAH AZ-ZUHAILI DAN HAMKA TERHADAP KISAH BERGURUNYA NABI MUSA AS KEPADA NABI KHIDIR AS. PANDANGAN WAHBAH AZ-ZUHAILI DAN HAMKA TERHADAP KISAH BERGURUNYA NABI MUSA AS KEPADA NABI KHIDIR AS. (Unpublished)

[img] Slideshow
Jurnal Lisa_1 April17.pdf
Restricted to Registered users only

Download (293kB) | Request a copy

Abstract

Sebagian besar mufasir termasuk juga HAMKA dan Wahbah az-Zuhaili sepakat bahwa yang dimaksud seorang hamba yang berada di pertemuan dua laut tersebut ialah nabi Khidhir as. Namun, terdapat perbedaan antara HAMKA dan Wahbah az-Zuhaili ketika menafsirkan kisah tersebut. Seperti penafsiran bagaimana keadaan nabi Khidhir as. Berangkat dari permasalahan ini penulis ingin melanjutkan penelitian lebih jauh mengenai perbedaan penafsiran dari kedua mufasir di atas, mengenai kisah tersebut. Dalam mengolah data tersebut penulis menggunakan pendekatan metode muqaran dengan cara mendeskripsikan pendapat kedua mufasir kemudian menganalisa persamaan dan perbedaan penafsiran dari kedua mufasir. Wahbah az-Zuhaili memandang kisah ini berkaitan dengan dengan kedua kisah sebelumnya tentang perintah menghilangkan kesombongan. Selain corak adabi ijtima’i terdapat pula corak fiqh al-hayah di dalam penafsirannya. Sedangkan penafsiran HAMKA terkait kisah tersebut adalah dalam kisah ini Allah Swt menegur dan ingin menunjukkan kepada nabi Musa as tentang keistimewaan seorang guru dan mengingatkan kita supaya kebenaran jangan hanya dipandang dari satu pihak saja. Penafsiran HAMKA sangat kental dengan corak adabi ijtima’i. Kata kunci: Musa as dan Khidhir as

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Musa as dan Khidhir as
Subjects: Ushuludin dan Pemikiran Islam > Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: LISA ADATI KARIMA 1920304030
Date Deposited: 31 May 2024 02:46
Last Modified: 31 May 2024 02:46
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/37992

Actions (login required)

View Item View Item