IDENTIFIKASI SERANGGA PARASITOID ORDO HYMENOPTERA PADA PERKEBUNAN KELAPA SAWIT RAKYAT DI DESA TOMAN KECAMATAN BABAT TOMAN

Astuti, Widya (2023) IDENTIFIKASI SERANGGA PARASITOID ORDO HYMENOPTERA PADA PERKEBUNAN KELAPA SAWIT RAKYAT DI DESA TOMAN KECAMATAN BABAT TOMAN. Undergraduate Thesis thesis, Uin Raden Fatah Palembang.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (121kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (207kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (315kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (8MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (52kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (117kB)

Abstract

Parasitoid adalah organisme yang idup dengan cara memanfaatkan tubuh inangnya untuk bertahan hidup dan berkembang biak. Sebagian besar yang termasuk parasitoid adalah dari ordo Hymenoptera, Ordo Hymenoptera adalah salah satu ordo serangga yang antara lain terdiri atas semut, lebah, tawon dan lalat gergaji. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik morfologi jenis parasitoid ordo Hymenoptera pada kelapa sawit. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September-Oktober 2023 dengan metode pengambilan sampel Porposive sampling. Pengambilan sampel menggunakan 3 trap yaitu Jaring serangga (Sweep net), Perangkap Yellow sricky trap dan pengamatan lapangan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dengan menggunakan tiga trap pada tanaman kelapa sawit pada Desa Toman dapat disimpulkan bahwa serangga parasitoid yang didapat sebanyak 345 individu dengan 6 genus yaitu Apanteles sebanyak 100 individu, Cephalonomia sebanyak 20 individu, Chrysis sebanyak 72 individu, Ichneumon sebanyak 80 individu, Pepsis sebanyak 28 individu dan Tiphia sebanyak 45 individu. Parasitoid yang berfungsi sebagai pengendalian hayati yang bisa digunakan oleh masyarakat yaitu Apanteles yang dikenal tawon pingang pendek dan ichneumon yang dikenal dengan tawon pingang ramping.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Sains dan Teknologi > Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 46201 - Biologi
Depositing User: WIDYA ASTUTI 2020801017
Date Deposited: 07 Jun 2024 01:32
Last Modified: 07 Jun 2024 01:32
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/38070

Actions (login required)

View Item View Item