SOSIALISASI POLITIK KOMISI PEMILIHAN UMUM KOTA PALEMBANG UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI POLITIK PEMILIH PEMULA DALAM MENGHADAPI PEMILIHAN UMUM TAHUN 2024

AFFRIANI, AULIA (2024) SOSIALISASI POLITIK KOMISI PEMILIHAN UMUM KOTA PALEMBANG UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI POLITIK PEMILIH PEMULA DALAM MENGHADAPI PEMILIHAN UMUM TAHUN 2024. Undergraduate Thesis thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img] Text
AULIA AFFRIANI 2020702050.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Sosialisasi politik merupakan ujung tombak dalam kesuksesan Pemilu, Pemilu bisa dikatakan sukses apabila partisipasi masyarakat terhadap pemilu semakin meningkat. Partisipasi politik berpengaruh terhadap legitimasi masyarakat terhadap jalannya suatu pemerintahan. oleh karena itu untuk meningkatkan partisipasi pemilih dalam pemilu maka Komisi pemilihan umum sebagai penyelenggara mempunyai tanggung jawab besar untuk mengsukseskan pemilu tersebut demi terlaksanaya pemilu yang optimal, jujur dan adil. Sehingga Komisi pemilihan umum harus memiliki strategi untuk meningkatkan partisipasi pemilih terutama di kalangan pemilih pemula strategi tersebut biasa berupa sosialisasi atau pendidikan politik. Adapun metode penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif, tujuan dalam penelitian ini digunakan untuk memberikan gambaran mengenai pelaksanaan tugas dan fungsi Komisi Pemilihan Umum dalam bersosialisi dan memberikan pengetahuan mengenai program – program Komisi Pemilihan Umum Kota Palembangdalam meningkatkan partisipasi masyarakat termasuk pemilih pemula, berdasarkan hasil pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa untuk meningkatkan partisipasi masyarakat maka KPU Kota Palembang melakukan sosialisasi politik yaitu, Safari Demokrasi, Goes to School/ Campus dan Kelas Demokrasi, adapun faktor penghambat dalam melakukan sosialisasi yaitu sumber daya financial dan cuaca sedangkan faktor pendukung dalam melakukan sosialisasi yaitu, Sumber Daya Manusia dan Cuaca. Kata Kunci: Sosialisasi politik, KPU, Partisipasi Politik, Faktor Penghambat, Faktor Pendukung.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: PERPUSTAKAAN FISIP
Date Deposited: 10 Jun 2024 02:59
Last Modified: 10 Jun 2024 02:59
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/38212

Actions (login required)

View Item View Item