ANALISIS PENERAPAN AZAS PENGELOLAAN DANA DESA TERHADAP PEMBANGUNAN DESA DITINJAU DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (STUDI KASUS DI KECAMATAN LEMPUING)

Febriani, Alda (2023) ANALISIS PENERAPAN AZAS PENGELOLAAN DANA DESA TERHADAP PEMBANGUNAN DESA DITINJAU DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (STUDI KASUS DI KECAMATAN LEMPUING). Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
COVER.pdf

Download (177kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (172kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (292kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (678kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (663kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (429kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (557kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui penerapan azas pengelolaan dana desa terhadap pembangunan di desa Tugu Agung dan desa Tugu Jaya ditinjau dalam perspektif ekonomi islam. Jenis penelitian ini yaitu penelitian lapangan dengan sumber data yang diperoleh dari sumber data primer dan data sekunder. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif kualitatif dimana data tersebut dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan dari beberapa sumber Jurnal, artikel-artikel lainnya. Dari penelitian yang dilaksanakan diperoleh hasil secara keseluruhan bahwa pengelolaan keuangan dana desa Tugu Agung dan Tugu Jaya sudah sesuai dengan azas transparansi namun untuk program-program lainnya belum dapat dikatakan transparansi, Akuntabilitas kepada pemerintah sudah baik akan tetapi pertanggungjawaban kepada masyarakat belum baik, Partisipasi masyarakat di desa Tugu Agung dan desa Tugu Jaya belum baik dan Efisiensi serta efektivitas sebagian program sudah berjalan dengan baik namun untuk beberapa program yang sudah ditargetkan belum terlaksana. Dalam perspektif ekonomi islam Pengelolaan keuangan dana desa Tugu Agung dan Tugu Jaya belum sejalan dengan sifat Shidiq, Pertanggungjawaban terhadap pemerintah sudah sejalan dengan sifat Amanah namun pertanggungjawaban kepada masyarakat belum sejalan sifat Amanah, partisipasi masyarakat di kedua desa tersebut belum sejalan dengan sifat Tabligh dan Efisiensi serta efektivitasnya telah sejalan dengan perspektif ekonomi islam yaitu Fathonah namun dalam perspektif ekonomi islam yaitu Tabligh desa Tugu Agung dan di desa Tugu Jaya belum dapat dikatakan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Azas Pengelolaan Dana Desa, Perspektif Ekonomi Islam
Subjects: Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: ALDA FEBRIANI 1930602194
Date Deposited: 12 Jun 2024 01:07
Last Modified: 12 Jun 2024 01:07
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/38301

Actions (login required)

View Item View Item