SISTEM KEMITRAAN DALAM USAHA TERNAK AYAM BROILER ANTARA PT SMS (SEMESTA MITRA SEJAHTERA) DENGAN PETERNAK PLASMA DI DESA MARGOTANI KECAMATAN MADANG SUKU II KABUPATEN OKU TIMUR DI TINJAU DARI PERSPEKTIF FIQH MUAMALAH

SUMSARI, DEWI and Fauziah, Fauziah and Nur, Isnayati (2023) SISTEM KEMITRAAN DALAM USAHA TERNAK AYAM BROILER ANTARA PT SMS (SEMESTA MITRA SEJAHTERA) DENGAN PETERNAK PLASMA DI DESA MARGOTANI KECAMATAN MADANG SUKU II KABUPATEN OKU TIMUR DI TINJAU DARI PERSPEKTIF FIQH MUAMALAH. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH.

[img] Text
COVER.pdf - Accepted Version

Download (13kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf - Accepted Version

Download (10kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (138kB)
[img] Text
BAB I - V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (492kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berjudul Sistem Kemitraan Dalam Usaha Ternak Ayam Broiler Antara PT SMS (Semesta Mitra Sejahtera) Dengan Peternak Plasma, di Desa Margotani Kecamatan Madang Suku II Kabupaten OKU Timur di Tinjau dari Perspektif Fikih Muamalah. Sistem kemitraan adalah kerjasama usaha antara dua pihak atau lebih yang keterkaitan dengan usaha baik langsung maupun tidak langsung, atas dasar saling memerlukan, mempercayai, memperkuat dan menguntungkan satu sama lain yang melibatkan pelaku usaha mikro, kecil dan menengah dengan usaha besar atau saling membutuhkan dalam rangka meningkatkan kapasitas dan kapabilitas disuatu bidang usaha tertentu sehingga mendapatkan tujuan yang tertentu. Dalam perjanjian kerjasama kemitraan ini sangat perlu dibuat permasalahan-permasalahan yang timbul agar dapat diselesaikan dengan tepat. Penelitian dilakukan untuk mengetahui Bagaimana bentuk mekanisme perjanjian dalam sistem kerjasama ternak ayam antara PT SMS (Semesta Mitra Sejahtera) dengan peternak plasma di desa margotani kecamatan madang suku II kabupaten oku timur, Bagaimana perjanjian kerjasama yang dilakukan antara PT SMS (Semesta Mitra Sejahtera) dengan peternak plasma ayam broiler di Desa Margotani Kecamatan Madang Suku II Kabupaten OKU Timur dalam perspektif fiqh muamalah. Jenis penelitian skripsi ini menggunakan metode kualitatif, yang dimana objek masalah menjadi fokus utama dari penelitian ini, yang menggunakannya sebagai studi kasus dengan pengambilan data dari lapangan dengan menggunakan teknik berupa pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Sumber data primer di dapat dari hasil wawancara kepada peternak plasma, beberapa pegawai peternakan plasma dan karyawan PT SMS (Semesta Mitra Sejatera), dan sumber data sekunder diperoleh dari buku, skripsi, jurnal, website, dan artikel yang membahas tentang sistem kemitraan. Dalam hal ini penulis menggunakan teknik analisis data normatif melalui sebuah pendekatan deskriptif kualitatif yang berupa fenomena sosial yang dialami masyarakat berdasarkan data kualitatif yang dilakukan secara sistematis. Hasil penelitian penulis menyimpulkan bahwa sistem kemitraan dalam usaha ternak ayam antara PT SMS dengan peternak plasma di Desa Margotani Kecamatan Madang Suku II Kabupaten OKU Timur, yaitu mekanisme perjanjian dan sistem perjanjian sudah memenuhi rukun dan syarat akad syirkah serta sudah sesuai dengan ketentuan fiqh muamalah dan juga mengenai sanksi dan tangggung jawab bagi pihak yang melanggar kesepakatan tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kemitraan, Peternakan, Syirkah, Fiqh Muamalah
Subjects: Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Mu'amalah)
Depositing User: DEWI SUMSARI 1930104130
Date Deposited: 14 Jun 2024 02:38
Last Modified: 14 Jun 2024 02:38
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/38388

Actions (login required)

View Item View Item