PERAN AKTOR DALAM PEMEKARAN DESA BATUMARTA VI (Studi di Desa Batumarta VI Kecamatan Madang Suku III Kabupaten OKU Timur)

ANGGRAINI, VIKA and Zalpa, Yulion and Mifthafariz Mirza, Ibrahim (2024) PERAN AKTOR DALAM PEMEKARAN DESA BATUMARTA VI (Studi di Desa Batumarta VI Kecamatan Madang Suku III Kabupaten OKU Timur). Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
Vika Anggraini 2010702009.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul ‘‘Peran aktor dalam pemekaran Desa Batumarta VI Kecamatan Madang Suku III Kabupaten Oku Timur”, Permasalahan yang akan di bahas dalam penelitian ini yaitu bagaimana dinamika politik antar aktor dalam usaha pemekaran Desa Batumarta VI. Metode penelitian yang di gunakan peneliti adalah kualitatif yang bersifat deskriptif menggambarkan hal yang berkaitan dengan peran antar aktor dalam pemekaran desa yang terjadi di lapangan melalui wawancara dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data skunder. Teknik analisis data penelitian berupa pedoman wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dinamika poilitik antar aktor dalam usaha pemekaran Desa Batumarta VI Kecamatan Madang Suku III Kabupaten Oku Timur. Teori yang di gunakan adalah teori elit politik Vifredo Pareto. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa dinamika politik antar aktor yang terjadi di dalamnnya menunjukkan adanya kepentingan bersama guna mewujudkan tujuan yang di harapkan sejak awal pemekaran di lakukan karena memang dari awal pemekaran desa ini berangkat dari aspirasi masyarakat, relasi yang di bangun antar aktor pemekaran berjalan lancar dan saling berkoordinasi sejak awal pemekaran ini dilakukan, adanya pemekaran di lakukan untuk mempermudah pelayanan publik, jangkauan yang mudah di akses , serta terciptanya kesejahteraan masyarakat, jumlah penduduk yang belum mencukupi peraturan membuat pemekaran desa ini belum menjadi desa menjadi definif.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > 67201 - Ilmu Politik
Depositing User: PERPUSTAKAAN FISIP
Date Deposited: 14 Jun 2024 04:03
Last Modified: 14 Jun 2024 04:03
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/38416

Actions (login required)

View Item View Item