PENGARUH PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IX MTs PATRA MANDIRI PLAJU

ENI RISMAWATI, NIM. 13221022 (2019) PENGARUH PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IX MTs PATRA MANDIRI PLAJU. Diploma thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH.

[img]
Preview
Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh pendekatanPendidikan Matematika Realistik Indonesia terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas IX di MTs Patra Mandiri Plaju. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian yang digunakan adalah True Experimental Designdengan kategori post-test only control design. Populasi penelitian ini terdiri dari 4 kelas dan dipilih 2 kelas sebagai sampel, yaitu kelas sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 28 siswa dan sebagai kelas kontrol dengan jumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah tes sebagai pengukur kemampuan berpikir kritis siswa. Analisis data yang digunakan yaitu uji t dengan taraf signifikan = 0,05. Perhitungan statistik yang didapat dari hasil tes menghasilkan t hitung = 6,33dan t tabel = 2,0484 yang menyebabkan di tolak dan di terima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas IX di MTs Patra Mandiri Plaju. Kata Kunci: Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia, Kemampuan Berpikir Kritis

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? L1 ??
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Mar 2019 01:36
Last Modified: 27 Mar 2019 01:36
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/3843

Actions (login required)

View Item View Item