PENGARUH EKSTRAK JAMUR ENDOFIT (Aspergillus niger) BONGGOL NANAS (Ananas comosus (L.) Merr) TERHADAP HISTOLOGI GINJAL MENCIT (Mus musculus) YANG DIINDUKSI BAKTERI Staphylococcus aureus

Fourthina, Yonis (2023) PENGARUH EKSTRAK JAMUR ENDOFIT (Aspergillus niger) BONGGOL NANAS (Ananas comosus (L.) Merr) TERHADAP HISTOLOGI GINJAL MENCIT (Mus musculus) YANG DIINDUKSI BAKTERI Staphylococcus aureus. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
cover.pdf

Download (249kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (10kB)
[img] Text
skripsi BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (135kB)
[img] Text
skripsi BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (481kB)
[img] Text
skripsi BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (516kB)
[img] Text
skripsi bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (896kB)
[img] Text
skripsi bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6kB)
[img] Text
dapus.pdf

Download (358kB)

Abstract

Ginjal adalah organ ekskresi penting untuk membuang sisa metabolisme tubuh. Infeksi Bakteri Staphylococus aureus pada ginjal dapat mempengaruhi fungsi ginjal. Jamur endofit Aspergillus niger dapat memperbaiki struktur histologi ginjal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ekstrak jamur Aspergillus niger dari bonggol nanas (Ananas comosus) L Merr Terhadap histologi luas area glomerulus ginjal mencit yang di induksi bakteri Staphylococus aureus+Aquadest. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL). Kelompok perlakuan dibagi menjadi 6 Perlakuan yaitu, kontrol normal(K-N), mencit hanya diberi makan dan minum; kontrol positif (K +), mencit diberi Stimuno 50mg/kgbb dan diinduksi Bakteri Staphylococus aureus 0,1ml, Kontrol negatif (K-) mencit diinduksi bakteri Staphylococus aureus 0,1ml dan diberi Aquadest tetapi tidak diberi Ekstrak jamur Aspergillus niger. Perlakuan 1 (P1) Dosis ekstrak jamur 10mg / kgbb, Perlakuan 2 (P2) Dosis ekstrak 50mg/kgbb, Perlakuan 3 (P3) Dosis Ekstrak 100mg/kgbb. Adanya induksi bakteri Staphylococcus aureus + Aquadest dapat menyebabkan kerusakan pada jaringan ginjal yang di amati melalui gambaran histopatologi dilakukan pada glomerulus yaitu luas area glomerulus dengan ukuran sangat kecil dan capsula bowman melebar dan menyempit yang terletak dibagian nefron ginjal yang berfungsi sebagai alat penyaring atau filtrasi, air, garam asam amino, glukosa dan urea untuk menghasilkan urin, apabila nefron terjadi kerusakan maka fungsi ginjal untuk menyaring darah dan membuang limbah akan terganggu. Limbah yang tidak terbuang dapat bersifat racun bagi tubuh. Berdasarkan Penelitian dapat disimpulkan ekstrak jamur Aspergillus niger berpengaruh terhadap histologi ginjal mencit yang meliputi luas area glomerulus. Oleh karena itu, Penggunakan Ekstrak Jamur endofit jenis Aspergillus niger harus sesuai dengan batas optimum yang diperbolehkan. Kata kunci: Bonggol nanas, mencit, Aspergillus niger, Staphylococus aureus, Glomerulus.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Sains dan Teknologi > Biologi
Depositing User: YONIS FOURTHINA 2030801066
Date Deposited: 01 Jul 2024 03:23
Last Modified: 01 Jul 2024 03:23
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/38645

Actions (login required)

View Item View Item