TINJAUAN HUKUM POSITIF DAN HUKUM ISLAM TERHADAP SANKSI TINDAK PIDANA KEKERASAN SEKSUAL YANG DILAKUKAN OLEH ANAK TERHADAP ANAK (STUDI KASUS PUTUSAN NO : 39/PID.SUS -ANAK/2022/PN.LLG.)

ARVICKIANSYAH, MUHAMMAD and Huzaimah, Arne and Fikri, Ikhwan (2024) TINJAUAN HUKUM POSITIF DAN HUKUM ISLAM TERHADAP SANKSI TINDAK PIDANA KEKERASAN SEKSUAL YANG DILAKUKAN OLEH ANAK TERHADAP ANAK (STUDI KASUS PUTUSAN NO : 39/PID.SUS -ANAK/2022/PN.LLG.). Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
FULL BAB A5 (Muhammad Arvickiansyah - 2010102018).pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian dilatar belakangi dengan adanya suatu tindak kekerasan seksual, berupa pemerkosaan yang dilakukan oleh seorang anak kepada sesama anak, yang mana anak ini (pelaku) hanya diberikan sanksi yang terlalu ringan oleh Hakim Pengadilan Negeri Lubuklinggau yang tidak sebanding dengan perbuatan yang dilakukannya. Permasalahan yang merupakan intisari dari penelitian ini ialah : Bagaimana tinjauan Hukum Positif dan Hukum Islam terhadap sanksi tindak pidana kekerasan seksual yang dilakukan oleh anak terhadap anak yang berikan oleh Pengadilan Negeri Lubuklinggau dalam putusan Nomor 39/Pid.Sus-Anak/2022/Pn.Llg. Pada penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian kualitatif perpustakaan. Penulis melakukan pendekatan terhadap masalah dengan metode normatif, yaitu penelitian hukum yang dilakukan dengan cara meneliti bahan pustaka. Dalam kasus ini penerapan sanksi yang dilakukan oleh Majelis Hakim masih tidak sesuai dengan Hukum Positif dan Hukum Islam, yang mana sanksi yang diberikan masih kurang tegas dan adil terhadap korban, pelaku yang sudah berusia 16 tahun seharusnya diberikan hukuman yang tegas meskipun masih termasuk dalam kategori anak tetapi dalam Hukum Islam anak usia 16 tahun sudah bisa dimintai pertanggungjawaban. Majelis Hakim yang diberikan kuasa untuk memutuskan suatu perkara tindak pidana terlebih dahulu memutuskan sesuatu dengan ketentuan yang ada sesuai dengan peraturan perundang-undangan dan bisa juga menggunakan Hukum Islam sebagai landasan hukum sebelum memutuskan perkara agar tercapainya keadilan bagi masyarakat dan juga guna mencegah segala bentuk tindakan kekerasan seksual yang dilakukan oleh anak terhadap anak ini tidak terus terulang karena sanksi yang terlalu ringan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Syariah dan Hukum > Perbandingan Madzhab
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74233 - Perbandingan Mazhab
Depositing User: MUHAMMAD ARVICKIANSYAH 2010102018
Date Deposited: 04 Jul 2024 02:06
Last Modified: 04 Jul 2024 02:06
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/38755

Actions (login required)

View Item View Item